Bukan Presiden, Ini Sosok Pemimpin Tertinggi Iran

Rabu, 17 April 2024 - 13:03 WIB
loading...
Bukan Presiden, Ini Sosok Pemimpin Tertinggi Iran
Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Ayatollah Ali Khamenei yang telah memegang jabatan sebagai Pemimpin Tertinggi Iran sejak tahun 1989, adalah sosok yang mengemuka dalam sejarah dan politik negara tersebut.

Dengan kekuasaan yang melampaui presiden, Khamenei memiliki peran yang sangat menonjol dalam mengatur berbagai aspek kehidupan di Iran.

Lahir pada 19 Juli 1939 di kota suci Mashhad, Khamenei tumbuh menjadi seorang ulama yang mendalami ilmu agama di seminari Mashhad, Najaf, dan Qom.

Perannya sebagai pendukung Revolusi Islam Iran pada tahun 1979 membawanya ke panggung politik yang lebih luas.

Setelah revolusi berhasil, Khamenei menjabat sebagai anggota Dewan Revolusi, Imam Salat Jumat Teheran, dan Wakil Menteri Pertahanan.

Selain itu, dia terpilih sebagai wakil Teheran di Majelis Permusyawaratan Islam dan menjabat sebagai presiden Iran selama dua periode.

Pengalaman Khamenei selama Perang Iran-Irak pada tahun 1980-an juga patut diperhatikan. Dia adalah salah satu pemimpin yang memimpin negara melalui masa-masa sulit konflik tersebut.

Selain itu, Khamenei memiliki hubungan dekat dengan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC).

Sebagai Pemimpin Tertinggi, Khamenei memiliki wewenang untuk mengeluarkan dekrit dan putusan akhir terkait kebijakan pemerintah.

Pengaruhnya melebihi presiden dan mencakup berbagai aspek, termasuk politik dan militer. Ucapan dan keputusannya dianggap mutlak di Iran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1652 seconds (0.1#10.140)