alexametrics

Nasi Ketan Kuning Tabur Serundeng untuk Sarapan

loading...
Nasi Ketan Kuning Tabur Serundeng untuk Sarapan
Ilustrasi nasi ketan kuning tabur serundeng. / Foto: YouTube
A+ A-
JAKARTA - Nasi ketan kuning bisa menjadi pilihan menu sarapan yang menarik di pagi hari. Lembut dan pulennya ketan membuat sarapan Anda terasa lebih kenyang.

Selain mengenyangkan, nasi ketan kuning juga terasa lezat dengan taburan serundeng yang mampu menambah kenikmatan sarapan bersama keluarga tercinta.

Tertarik membuatnya? Berikut resep membuat nasi ketan kuning tabur serundeng untuk sarapan seperti dikutip dari Cook Pad.



Bahan-bahan:
3 ltr beras ketan, rendam 2 jam
1 1/2 ltr santan kental
3 btr kunyit tua, kupas parut
2 sdm garam
3 btg sereh geprek
5 cm lengkuas geprek
6 lbr daun salam

Bahan serundeng:
1/2 btr kelapa sedang parut, kupas kulit
1/2 sdt garam
1 sdt gula
Secukupnya cabai merah iris serong

Cara membuatnya:
1. Ketan, parut kunyit kemudian tambahkan sedikit air dan peras. Masukkan perasan air kunyit ke rendaman ketan, rendam selama 2 jam. Sisihkan. Masak santan dan lengkuas, sereh, daun salam dan garam sampai mendidih. Angkat. Sisihkan.
2. Kukus ketan sampai stengah matang kurang lebih 15 menit. Angkat letakan di baskom kemudian siram-siramkan air santan yang masih hangat sedikit-sedikit. Kukus kembali ketan sampai matang kurang lebih 20 menit. Sisihkan. Serundeng, sangrai kelapa parut sampai berwarna kuning keemasan kemudian masukkan gula dan garam angkat. Sisihkan.
3. Sangrai cabai merah yang sudah diiris. Sisihkan. Ulek serundeng sampai tekstur halus kemudian masukkan cabai. Taburi ketan dengan serundeng. Nasi ketan kuning tabur serundeng siap disajikan.
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak