Pemulihan Sel Darah Merah Lebih Cepat

Minggu, 09 Desember 2018 - 10:57 WIB
Pemulihan Sel Darah Merah Lebih Cepat
Pemulihan Sel Darah Merah Lebih Cepat
A A A
JAKARTA - Pasien dengan kanker darah seperti leukemia dan limfoma sering diobati dengan menyinari sumsum tulang mereka untuk menghancurkan sel yang sakit.

Setelah perawatan, pasien rentan terhadap infeksi dan kelelahan sampai sel darah baru tumbuh kembali. Peneliti Massachusetts Institute of Technology (MIT) telah menemukan cara regenerasi sel darah lebih cepat. Mereka merangsang jenis sel induk tertentu untuk menyekresikan faktor pertumbuhan.

Para peneliti menggunakan teknik yang dikenal sebagai mechanopriming. Selsel induk mesenchymal (MSCs) pada permukaan akan tumbuh seperti sumsum tulang. Teknik ini menginduksi sel untuk membantu sel hematopoietik dan sel progenitor (HSPC) menjadi sel darah merah dan putih, serta trombosit dan sel darah lainnya.

“Para MSC datang dan memperbaiki tanah sehingga sel-sel progenitor dapat mulai berkembang biak dan membedakan ke dalam garis keturunan sel darah yang Anda butuhkan untuk bertahan hidup,” kata Krystyn Van Vliet, Profesor Ilmu dan Teknik Material, dikutip dari scitechdaily.

Dalam penelitian terhadap tikus, teknik ini berjalan dengan lancar. MSC yang dikembangkan untuk pemulihan, jauh lebih cepat dari radiasi sumsum tulang. MSC diproduksi di seluruh tubuh dan dapat berdiferensiasi menjadi berbagai jaringan.

Mereka juga dapat mengeluarkan protein yang membantu sel induk lain menjadi sel dewasa. “Mereka bertindak seperti pabrik obat, dapat menjadi sel-sel garis keturunan jaringan, tetapi mereka juga memompa banyak faktor yang mengubah lingkungan bahwa sel-sel induk hematopoietik beroperasi,” kata Van Vliet.

Tim Van Vliet telah menunjukkan pemulihan lebih cepat ketika tikus diberi MSC. Namun, dalam populasi MSC tertentu, biasanya hanya sekitar 20% yang merangsang pertumbuhan sel darah dan pemulihan sumsum tulang.

Meski begitu, Van Vliet dan peneliti lainnya ingin memperbaiki rangsangan pertumbuhan sel lebih cepat. Mereka mencari cara untuk menstimulasi seluruh populasi MSC, untuk menghasilkan faktor-faktor yang diperlukan.

Para peneliti mengeksplorasi gagasan mechanopriming sel untuk faktor yang diperlukan. Mereka dapat menunjukkan bahwa memvariasi sifat mekanik dapat memengaruhi diferensiasi menjadi sel yang matang.

MSC yang dikembangkan secara khusus, ditanam ke dalam tikus yang telah memiliki sumsum tulang mereka. Walaupun tidak menanamkan HSPC apa pun, perawatan dan pengisian sel darah hewan tetap stabil. MSC ini tumbuh lebih cepat dibandingkan MSC yang tumbuh di permukaan secara tradisional.

MSC secara khusus dipilih oleh perangkat penyortiran mikofluida. “Penelitian tikus adalah model terapi radiasi yang biasa digunakan untuk membunuh sel kanker di klinik. Namun, terapi ini sangat merusak dan juga menghancurkan sel-sel sehat juga,” kata Peneliti Frances Liu.

Dia berharap teknik pengambilan MSC yang telah dikembangkan untuk tikus, dapat diterapkan juga untuk manusia. Ketua Departemen Ilmu Kesehatan di Teknologi di ETH Zurich, Viola Vogel, terlibat dalam penelitian ini.

Dia menjelaskan, bagaimana memanfaatkan pendekatan mereka untuk memanfaatkan sub-populasi sel lain, untuk aplikasi terapeutik di masa depan. “Menggambarkan bagaimana mechanopriming sel punca mesenchymal dapat dieksploitasi untuk memperbaiki pemulihan hematopoietik, adalah sangat penting secara medis,” kata Vogel.

Laboratorium Van Vliet sekarang melakukan lebih banyak penelitian pada hewan. Harapannya adalah mengembangkan kombinasi pengobatan MSC dan HSPC yang dapat diuji pada manusia.

“Anda tidak dapat bertahan hidup dengan jumlah sel darah yang rendah untuk waktu yang sangat lama. Jika Anda bisa mendapatkan sel darah lengkap, Anda memiliki prognosis yang jauh lebih baik untuk kecepatan pemulihan,” kata Vliet.

Para peneliti juga mempelajari apakah mechanopriming dapat menginduksi MSC untuk menghasilkan faktor-faktor berbeda, yang akan merangsang pengembangan tipe sel tambahan untuk mengobati penyakit lain.

“Anda dapat membayangkan bahwa dengan mengubah lingkungan budaya mereka, MSC dapat digunakan untuk menargetkan beberapa penyakit lain, seperti penyakit parkinson, rheumatoid arthritis, dan lain-lain,” kata Van Vliet. (Fandy)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5863 seconds (0.1#10.140)