alexametrics

Nutrisi Buruk Selama Kehamilan Bisa Tingkatkan Menopause

loading...
Nutrisi Buruk Selama Kehamilan Bisa Tingkatkan Menopause
Nutrisi buruk selama kehamilan dapat menyebabkan diabetes dan jantung. Namun, pada penelitian terbaru nutrisi yang buruk juga bisa sebabkan menopause dini. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Nutrisi yang tidak memadai selama perkembangan janin dapat menyebabkan diabetes dan penyakit jantung. Namun, pada penelitian terbaru memperingatkan bahwa nutrisi yang buruk juga dapat menyebabkan menopause dini pada usia yang lebih muda, mulai 45 tahun.

Seperti diketahui, menopause alami adalah tonggak penuaan ovarium yang menghasilkan akhir tahun reproduksi wanita. Sebaliknya, menopause dini dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, osteoporosis, depresi, dan perubahan memori serta perubahan pada kesehatan vagina dan seksual, menurut para peneliti.

"Temuan menunjukkan bahwa kekurangan makanan selama kehidupan janin awal mempengaruhi berapa lama fungsi ovarium masa depan," kata Joann Pinkerton, direktur eksekutif dari American Menopause Society Amerika Utara (NAMS) seperti dilansir Times Of India.



Meski beberapa penelitian telah menyelidiki hubungan antara paparan gizi buruk pada awal kehidupan dan risiko berbagai penyakit metabolik di masa dewasa, hubungan dengan penuaan reproduksi tidak dievaluasi.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Menopause ini telah melibatkan hampir 2.900 wanita China dan secara khusus berusaha mengatasi efek paparan dini pada kekurangan gizi pada usia saat menopause.

Menurut penelitian, pengembangan aksis hipotalamus-pituitari-gonad selama tahap janin memainkan peran penting dalam kesehatan reproduksi dewasa.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak