Sejarah Golawa, Goa di Purbalingga yang Viral karena Dijadikan Tempat Meeting dan Kerja Pengunjung

Kamis, 25 April 2024 - 05:50 WIB
loading...
Sejarah Golawa, Goa di Purbalingga yang Viral karena Dijadikan Tempat Meeting dan Kerja Pengunjung
Goa Lawa Purbalingga alias Golawa, sebuah spot wisata goa yang ada di Purbalingga, Jawa Tengah, viral di media sosial. Foto/Goalawapurbalingga.com
A A A
PURBALINGGA - Goa Lawa Purbalingga alias Golawa, sebuah spot wisata goa yang ada di Purbalingga, Jawa Tengah, viral di media sosial. Pasalnya, goa tersebut tak hanya dijadikan spot wisata, namun juga spot ‘meeting’ oleh beberapa pengunjung.

Meski begitu, Golawa tak seperti goa-goa pada umumnya, karena memiliki akses masuk yang terbilang sangat mudah lantaran telah direnovasi sedemikian rupa. Goa tersebut juga sudah memiliki beberapa anak tangga yang cukup lebar menuju pintu masuk. Bahkan, desain anak tangga tersebut tampak cukup menarik.

Lantas, bagaimana asal-usul Goa Lawa Purbalingga alias Golawa ini? Berikut ulasannya, dilansir dari situs resmi Goalawa Purbalingga, Kamis (25/4/2024).



Awal mula ditemukannya Goa Lawa dimulai pada masa di mana ada seorang warga bernama Ki Keli menguasai hutan yang banyak ditanami kopi. Hingga di masa penjajahan Belanda hutan tersebut dijadikan koffiee central atau sentral kopi.

Orang pribumi sendiri menyebutnya Kopi Santri. Hal itu dikatakan Danu Wikarta yang kala itu menjabat sebagai kepala desa siwarak tahun 1893-1946.

Secara turun temurun lahan tersebut berpindah tangan dan menjadi hak milik Ki Wangsa Dirana. Pada saat Ki Wangsa sedang memotong rumput, ada seorang warga yang sedang menggembalakan kambing di sekitaran tanah datar di antara rimbunnya pohon dan semak-semak.

Semilir angin membuat si penggembala tertidur di bawah rindangnya pohon, hingga dia baru tersadar setelah dibangunkan oleh Ki Wangsa. Si penggembala tersentak kaget karena kambing yang dia gembalakan sudah tidak ada lagi di tempat semula.

Dibantu Ki Wangsa, si penggembala lantas mencari kambing yang hilang sampai lama. Merasa putus asa karena lama tidak menemukan kambingnya, dia bersama Ki Wangsa membabat semak-semak yang ada di sekitar situ dengan harapan bisa menemukan kambing yang hilang.

Namun alangkah kaget si penggembala dan Ki wangsa karena justru mereka menemukan lubang menganga di bawah tanah yang tertutup semak.

Mereka pun mengadukan penemuan ini ke warga di sekitar ditemukannya goa tersebut hingga warga sering datang untuk melihat-lihat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1782 seconds (0.1#10.140)