5 Manfaat Merayakan Natal Bersama Keluarga untuk Kesehatan

Selasa, 25 Desember 2018 - 13:30 WIB
5 Manfaat Merayakan Natal Bersama Keluarga untuk Kesehatan
5 Manfaat Merayakan Natal Bersama Keluarga untuk Kesehatan
A A A
JAKARTA - Natal yang jatuh setiap tanggal 25 Desember memberikan kegembiraan, damai dan suka cita bagi mereka yang merayakan. Natal pun semakin semarak dengan perayaan berkumpul bersama keluarga tercinta, makan malam dan tukar kado. Selain memberikan kebahagiaan, ternyata Natal juga terbukti memberikan manfaat baik untuk kesehatan.

Lantas apa saja manfaat kesehatan saat perayaan Hari Natal? Berikut ulasannya seperti dilansir dari Mirror.

1. Kumpul bersama

Berkumpul bersama keluarga dan sahabat tercinta merupakan salah satu tradisi yang dilakukan saat Natal. Tanpa disadari, kebiasaan ini memberikan manfaat. Di mana momen ini membuat mereka yang merayakan merasa lebih bahagia.

"Kita semua butuh koneksi, kedekatan, dan berbagi waktu bersama untuk memperkuat hubungan," ujar pakar hubungan, Suzie Hayman.

2. Makan bersama

Selain berkumpul bersama, Natal juga dirayakan dengan makan bersama menyantap berbagai hidangan lezat dan nikmat. Penelitian yang dilakukan di Rutgers University di New Jersey, Amerika Serikat menyebutkan, bahwa keluarga yang rutin makan malam bersama berpeluang mencegah obesitas dan membuat mental lebih bahagia.

3. Tukar kado

Bagi sebagian orang, tradisi tukar kado saat Natal menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu dan menyenangkan. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa menerima hadiah, membuat otak melepaskan hormon dopamin, senyawa yang bisa membuat seseorang merasa senang.

4. Bernyanyi
Bernyanyi juga menjadi tradisi dan kebiasaan umat Kristiani saat Natal. Peneliti asal Swedia menyebutkan bahwa menyanyi membantu mengontrol napas dan detak jantung yang manfaatnya mirip seperti olahraga yoga.

5. Bercinta
Saat libur Natal tiba, penjualan kondom lebih tinggi lantaran terjadi peningkatan frekuensi bercinta. Seperti diketahui, berhubungan seks baik untuk kesehatan. Mulai dari membuat pasangan lebih intim dan meningkatkan kinerja jantung.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4591 seconds (0.1#10.140)