Benarkah Jus Jambu Bisa Obati DBD?

Jum'at, 26 April 2024 - 14:35 WIB
loading...
Benarkah Jus Jambu Bisa Obati DBD?
Benarkah jus jambu bisa pengobatan Demam Berdarah Dengue (DBD)? Foto/ adobe stock
A A A
JAKARTA - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) masih menyerang masyarakat di Indonesia. Angka kematian terus bertambah dari waktu ke waktu.

Pasien yang mengidap DBD biasanya mengalami penurunan trombosit. Hal ini yang membuat sebagian orang mencari makanan atau minuman yang bisa membantu mengembalikan trombosit.



Salah satu minuman yang dianggap ampuh mengobati DBD adalah jus jambu. Namun, Dokter Spesialis Anak, dr. Ardi Santoso menjelaskan bahwa kunci sembuh dari penyakit DBD adalah dengan mengikuti arahan dokter.

“Kasus demam berdarah memang lagi banyak ya, terutama anak-anak. Jadi kalau dinyatakan dokter positif demam berdarah, ikuti anjuran dokter dan diskusi dengan dokter,” jelas dr. Ardi dikutip dari akun Instagramnya @ardisantoso, Jumat (26/4/2024).

Dr. Ardi mengungkap bahwa tidak ada obat yang bisa menaikkan trombosit. Sebab trombosit akan naik secara alami, jika masa infeksinya sudah lewat. Bahkan, ia menjelaskan jus jambu pun tidak bisa menaikkan trombosit, apalagi menyembuhkan DBD.

“Demam berdarah itu kan tujuh hari, nanti setelah hari ketujuh dia akan naik sendiri. Jus jambu pun gak akan menaikkan apa pun,” ujarnya.

Oleh karenanya, dr. Ardi mengimbau untuk para pasien DBD sebaiknya mematuhi saran dan aturan dari para dokter yang menangani. Jangan sampai pasiennya mengalami status DBD yang lebih parah yaitu shock demam berdarah yang bisa membahayakan nyawa.

Selain dirawat intensif dan mengikuti anjuran dokter, dr. Ardi menegaskan bahwa terapi yang baik untuk mengobati DBD yaitu dengan mencukupi cairan tubuh dengan mengkonsumsi air mineral yang banyak.

“Makanya terapinya cuma satu, cairan. Jadi jangan lupa minum cairan yang banyak, kalau dokter kasih infus juga itu juga sudah sesuai dengan takaran dan kebutuhannya,” jelas. dr. Ardi.



Dr. Ardi menyatakan minum jus atau minuman sehat lainnya tak masalah. Namun tujuannya untuk mencukupi cairan tubuh dan memberi asupan vitamin, bukan untuk menaikkan trombosit tubuh.

“Kalau mau ikhtiar minuman jus apapun boleh, yang penting cairan. Tapi pada prinsipnya jus jambu gak akan bisa menaikkan trombosit, karena dia akan naik sendiri nantinya,” ujar dia.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3222 seconds (0.1#10.140)