alexametrics

Ini Resep dan Cara Membuat Tahu Tek Khas Surabaya yang Lezat

loading...
Ini Resep dan Cara Membuat Tahu Tek Khas Surabaya yang Lezat
Ilustrasi tahuh tek. / Foto: Cook Pad
A+ A-
JAKARTA - Apakah Anda sudah mengenal hidangan bernama tahu tek? Ya, makanan ini merupakan hidangan sepinggan khas dari Surabaya, Jawa Timur. Konon kata tek berasal dari suara tek-tek dari gunting yang dibunyikan ketika memotong lontong, tahu dan telur, sehingga makanan ini diberi nama tahu tek.

Pada dasarnya, tahu tek terdiri atas tahu goreng setengah matang dan lontong yang dipotong kecil-kecil dengan alat gunting dan garpu untuk memegang tahu atau lontong. Kemudian ada kentang goreng, taoge dan irisan mentimun yang dipotong kecil panjang-panjang seperti acar.

Setelah itu, potongan tersebut disiram dengan bumbu yang terbuat dari petis, air matang, kacang tanah, cabai dan bawang putih lalu ditaburkan kerupuk udang.



Sudah kebayang nikmatnya tahu tek? Yuk buat tahu tek untuk makan malam hari ini. Berikut resep membuat tahu tek sebagaimana dilansir dari Tastemade.

Bahan-bahan:
3 sdm kacang goreng
1 sdt petis udang
1/2 siung bawang putih
3 buah cabe rawit
2 butir telur ayam
5 buah tahu goreng
Timun secukupnya
Tauge rebus secukupnya
Bawang goreng secukupnya
Kecap manis secukupnya
Lontong secukupnya
Kerupuk
Garam

Cara membuatnya:
1. Haluskan kacang goreng dengan food processor. Kocok lepas telur ayam, kemudian goreng hingga matang. Haluskan bawang putih dan cabai rawit, kemudian tambahkan kacang goreng yg telah dihaluskan dan tambahkan sedikit air.
2. Aduk hingga rata. Tambahkan petis dan sedikit air, aduk sebentar dan tuang kecap manis, aduk kembali hingga rata. Susun telur, tahu, lontong dan touge kemudian siram dengan saus kacang. Tambahkan timun dan kerupuk.
3. Tahu tek siap disajikan.
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak