alexametrics

7 Makanan yang Bisa Nambah Tinggi Badan

loading...
7 Makanan yang Bisa Nambah Tinggi Badan
Sekitar 60-80 persen tinggi pada orang karena genetika dan 20-40 persen lainnya disebabkan nutrisi. Nah, jika mau tambah tinggi, ini asupan yang harus dikonsumsi. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Tinggi badan tergantung pada gen sampai batas tertentu. Atas dasar studi, para ilmuwan menentukan genetika dan bagaimana mereka mempengaruhi tinggi badan yang berarti jika satu kembar tinggi, maka yang lainnya cenderung tinggi.

Nah, berdasarkan penelitian, sekitar 60 hingga 80 persen perbedaan tinggi pada orang adalah karena genetika dan 20 persen hingga 40 persen lainnya disebabkan nutrisi.

Seperti diketahui, hormon pertumbuhan manusia (hGH), yang terdiri dari 191 asam amino, diproduksi oleh kelenjar hipofisis yang memainkan peran utama dalam pertumbuhan, komposisi tubuh, metabolisme dan perbaikan sel.



Hormon pertumbuhan merangsang perkembangan semua jaringan tubuh, termasuk tulang. Setelah usia 20 tahun, tinggi badan akan berhenti. Ini karena lempeng pertumbuhan atau lempeng epifisis, tulang rawan ditemukan di dekat ujung tulang panjang.

Tinggi badan bertambah karena pemanjangan tulang panjang. Tetapi, ketika seseorang mendekati akhir masa pubertas, perubahan hormon memungkinkan lempeng pertumbuhan menjadi tidak aktif dan pemanjangan tulang berhenti. Disinilah tinggi badan Anda berhenti. Namun, mengkonsumsi makanan yang sehat dapat membantu menambah tinggi badan. Seperti dilansir Boldsky, berikut ulasannya;

1. Lobak
Mengonsumsi lobak dapat membantu meningkatkan tinggi badan. Lobak kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang membantu meningkatkan sekresi hormon pertumbuhan dalam tubuh yang membantu meningkatkan ketinggian.

Selain itu lobak adalah sumber fosfor, vitamin B2, vitamin K, kalium, magnesium, dan mangan yang sangat baik.

2. Raspberry
Raspberry kaya akan melatonin yang dapat meningkatkan pelepasan hormon pertumbuhan manusia hingga 157 persen. Studi menunjukkan bahwa melatonin merangsang kelenjar hipofisis yang pada gilirannya memicu sekresi hormon pertumbuhan melalui jalur dalam tubuh yang membantu meningkatkan ketinggian. Raspberry juga merupakan sumber vitamin C, mangan, dan serat makanan yang sangat baik.

3. telur
Telur adalah makanan lain yang dapat meningkatkan produksi hormon pertumbuhan karena adanya kolin, vitamin yang larut dalam air. Vitamin ini merupakan prekursor untuk neurotransmitter acetylcholine yang meningkatkan tinggi.
7 Makanan yang Bisa Nambah Tinggi Badan

4. Susu
Produk-produk susu, termasuk keju cottage, susu, dadih, dan yogurt, semuanya mengandung mineral esensial, seperti vitamin A, kalsium, vitamin E, vitamin D, dan vitamin B. Susu mengandung semua sembilan asam amino esensial yang membantu pertumbuhan sel dan dianggap sebagai makanan protein lengkap. Tingginya kadar asam amino dalam produk susu memainkan peran utama dalam memicu produksi alami hormon pertumbuhan manusia.

5. Ayam dan sapi
Mirip dengan telur, ayam dan daging sapi mengandung protein tinggi yang menjadikannya makanan kaya protein yang luar biasa. Ayam dan sapi membantu dalam membangun jaringan dan otot dan mendorong sekresi hormon pertumbuhan manusia.

Ayam kaya akan l-arginin, asam amino yang telah dipelajari sebagai stimulator sekresi hormon pertumbuhan. Daging sapi, di sisi lain, mengandung asam amino yang mensintesis l-ornithine yang meningkatkan kadar hormon pertumbuhan hingga empat kali lipat.

6. Ikan berlemak
Ikan berlemak, seperti salmon liar dan tuna dikemas penuh dengan protein dan vitamin D. Protein mengandung semua asam amino esensial yang dikenal untuk meningkatkan hormon pertumbuhan dan menjaga tulang, jaringan, otot, organ, kulit, dan gigi yang kuat dan sehat.
7 Makanan yang Bisa Nambah Tinggi Badan

7. Kedelai

Kedelai adalah makanan penuh nutrisi lengkap yang dapat meningkatkan tinggi badan jika dikonsumsi setiap hari. Ini karena kedelai mengandung asam amino l-arginin yang meningkatkan kadar hormon pertumbuhan dengan merangsang kelenjar hipofisis. Kedelai juga meningkatkan kepadatan massa tulang dan jaringan. Jadi, tambahkan kedelai yang dipanggang atau direbus dalam salad, nasi, dan hidangan lain.
(tdy)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak