alexametrics

Awas, Cuaca Dingin Bisa Sebabkan Serangan Jantung!

loading...
Awas, Cuaca Dingin Bisa Sebabkan Serangan Jantung!
Sebuah penelitian mengungkap cuaca dingin bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Penelitian lain menunjukkan tekanan darah cenderung berfluktuasi dengan musim. (Everyday Health)
A+ A-
JAKARTA - Waspadalah terhadap cuaca dingin. Pasalnya, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa cuaca dingin dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Penelitian lainnya juga menunjukkan hal serupa di mana tekanan darah cenderung berfluktuasi dengan musim.

Menurut para peneliti, cuaca dingin, khususnya, dapat menyebabkan tekanan darah tinggi serta meningkatkan risiko terkena serangan jantung atau gagal jantung. Orang dewasa yang berusia lebih dari 65 tahun, dan orang dengan kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya seperti penyakit jantung, paru-paru atau penyakit ginjal, paling berisiko terserang penyakit akibat cuaca dingin.

Karena itu, sangat perlu untuk mengambil tindakan pencegahan ekstra ketika cuaca dingin. Namun, beragam buah dan sayuran segar dapat membantu menurunkan tekanan darah. Anda bisa memasukkan lima jenis sayuran ini ke dalam makanan untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Berikut ulasannya seperti dilansir dari Timesnownews.



1. Wortel
Wortel memiliki nutrisi, termasuk kalium dan beta-karoten yang telah terbukti mengurangi tekanan darah tinggi. Wortel juga diklaim dapat menurunkan risiko aterosklerosis dan stroke. Anda dapat memasukkan sayuran ini ke dalam kaldu, semur, dan jus. Faktanya, satu studi menemukan bahwa minum 16 oz (sekitar 2 cangkir) jus wortel setiap hari meningkatkan kadar antioksidan dan menurunkan tekanan darah juga penanda lipid.

2. Jus bit
Para peneliti telah menemukan bahwa mengkonsumsi satu gelas jus bit setiap hari dapat secara signifikan mengurangi tekanan darah pada orang dengan hipertensi. Sebuah meta-analisis dari 16 percobaan, yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition pada 2013, menyebutkan bahwa bit mengandung jumlah tinggi nitrat makanan (NO3). Tubuh manusia mengubah NO3 menjadi nitrit aktif biologis (NO2) dan nitrat oksida (NO), yang melemaskan dan melebarkan pembuluh darah, sehingga meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah sementara.

3. Seledri
Seledri mengandung fitokimia yang disebut phthalides, yang dapat membantu mengendurkan jaringan dinding arteri untuk meningkatkan aliran darah dan mengurangi tekanan darah. Menurut Klinik Cleveland, sayuran ini rendah kandungan garam namun tinggi serat, magnesium, dan kalium yang dapat membantu mengatur tekanan darah.

4. Lobak

Lobak mengandung rendah sodium dan tinggi potasium yang dapat membantu menjaga tekanan darah pada kisaran normal. Ayurveda percaya bahwa lobak memiliki efek mendinginkan pada darah.

5. Daun fenugreek
Baik daun dan biji fenugreek diyakini bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Dikatakan bahwa konsumsi harian fenugreek, atau methi dalam bahasa Hindi, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dengan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).
(alv)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak