Mengenal Penyakit Komplikasi pada Lansia, Dialami Artis Dorman Borisman hingga Amputasi Kaki

Selasa, 30 April 2024 - 20:31 WIB
loading...
Mengenal Penyakit Komplikasi pada Lansia, Dialami Artis Dorman Borisman hingga Amputasi Kaki
Aktor senior Dorman Borisman mengidap penyakit komplikasi. Anda pun perlu mengenal penyakit ini. Foto/ Instragram
A A A
JAKARTA - Aktor senior Dorman Borisman mengidap penyakit komplikasi. Kondisi ini membuat salah satu kakinya harus diamputasi. Actor 73 tahun ini pun menjalani prosedur amputasi kaki pada Selasa (30/4/2024) pukul 11.00 WIB.

Sebelumnya, Dorman Borisman sempat mengalami stroke dan mengalami gangguan pada ingatannya. Lalu, apa itu penyakit komplikasi.



Melansir dari berbagai sumber, komplikasi menjadi salah satu penyakit yang cukup banyak diidap oleh kelompok usia lanjut.

Seiring bertambahnya organ-organ yang ada di dalam tubuh pun akan mengalami penurunan kinerja. Maka, tak jarang mereka yang sudah usia lanjut kerap dihantui dengan penyakit komplikasi akibat kondisi kesehatan yang sudah tidak optimal dan gaya hidup.

Sebagian besar penyakit komplikasi disebabkan oleh gen dan faktor lingkungan. Apabila, penyakitnya disebabkan oleh gen, maka bisa terlihat dan ditemukan riwayat penyakit yang diturunkan dari keluarga.

Adapun beberapa jenis penyakit komplikasi yaitu penyakit jantung, diabetes, multiple sclerosis, penyakit Parkinson, osteoporosis, glaukoma, radang sendi, stroke, hingga kanker.

Namun, terdapat beberapa penyakit komplikasi tertentu yang bisa berujung pada amputasi kaki. Amputasi menjadi salah satu prosedur medis yang dilakukan untuk menghindari bagian tubuh lain dari kerusakan.

Sehingga bagian tertentu harus dipisahkan agar penyakitnya tidak menjalar ke bagian lainnya. Biasanya bagian tubuh yang bisa diamputasi yaitu kaki, tangan, jari tangan, jari kaki, hingga lengan.

Terdapat beberapa alasan mengapa bagian tubuh tertentu harus diamputasi, seperti memiliki infeksi parah di anggota tubuh, ada bagian tubuh yang terkena gangren atau akibat dari penyakit arteri perifer, memiliki komplikasi dari diabetes, atau kecelakaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1551 seconds (0.1#10.140)