alexametrics

Konser Salute Beri Apresiasi bagi 3 Penulis Lagu Wanita Indonesia

loading...
Konser Salute Beri Apresiasi bagi 3 Penulis Lagu Wanita Indonesia
Tiga penulis lagu wanita Indonesia, Melly Goeslaw, Dewi Lestari dan Dewiq, akan mendapat apresiasi di Konser Salute yang digagas Erwin Gutawa dan Gita Gutawa. (KORAN SINDO/Thomas Manggala)
A+ A-
JAKARTA - Musisi yang juga komponis, konduktor, penata musik, dan bassist Erwin Gutawa, dibantu putrinya, Gita Gutawa, menginisiasi hadirnya konser yang memberikan apresiasi kepada 3 wanita pencipta lagu (komposer) Indonesia yang diyakini mampu menginspirasi banyak orang. Apresiasi ini diwujudkan dengan kembali menghidupkan “Konser Salute” dengan kemasan terbaru yang akan digelar di Hall 5 Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD CIty pada 9 Februari 2019 mendatang.

Apabila pada gelaran konser-konser tribute sebelumya, konsepnya hanya fokus berikan apresiasi pada satu musisi dalam satu kali konser, kali ini Gutawa memberikan apresiasi kepada tiga penyanyi dan musisi sekaligus. Ketiga musisi tersebut semuanya perempuan, yakni Melly Goeslaw, Dewi Lestari, dan Dewiq. Erwin beralasan tiga musisi tersebut dipilih karena tidak hanya bernyanyi dan mencipta lagu untuk diri sendiri, tapi mereka juga mencipta lagu untuk musisi-musisi lainnya.

“Ini bukan hanya sebuah konser biasa. Namun memiliki konsep kehormatan, dengan menghadirkan orang-orang hebat yang mampu menciptakan karya musik Indonesia bagi saya tidak hanya untuk mengapresiasi mereka namun bisa menginspirasi banyak orang,” ujar Erwin Gutawa menjawab pertanyaan KORAN SINDO dalam konferensi pers Sinar Mas Land Konser Salute - Apresiasi untuk Musisi Indonesia di Marketing Gallery The Elements Apartement, Jakarta, Sinar Mas Land, Kawasan Rasuna Epicentrum Jakarta, Selasa (8/1/2019).



Musisi kelahiran jakarta, 16 Mei 1962 ini pun menjelaskan ketiga wanita composer ini tak hanya sekadar jago dalam menyanyi namun juga membuat lagu tak hanya sekadar untuk dinyanyikan sendiri namun juga dibawakan dengan baik oleh orang lain yang tak jarang menghadirkan inspirasi tak hanya bagi musisi lain namun pendengar musiknya. Dengan menggaet penulis lagu Melly Goeslow, Dewiq, Dee Lestari ia berharap dalam konser ini orang menjadi lebih mengenal siapa musisi seniman musik Indonesia.

“Kenapa saya memilih mereka? Mereka mengawali karier di era yang sama yaitu akhir 90-an hingga 2000-an dan tiga-tiganya sama-sama jago nyanyi, jago bikin lagu hits tapi juga mau bekerja di belakang layar menyukseskan penyanyi penyanyi hebat. Saya dengan bangga ingin membuat suatu penghormatan kepada tiga wanita hebat yang telah menulis dan mewarnai sejarah baru di industri musik Indonesia sehingga tak hanya memberikan apresiasi namun juga inspirasi kepada musisi lain dan penonton hadir,” kata Erwin.

Masing-masing penulis lagu/penyanyi itu akan memberikan 10 lagu ciptaan mereka untuk diintepretasikan oleh 9 penyanyi pria Indonesia. Mereka adalah Afgan, Armand Maulana, Harvey Malaiholo, Once, Rendy Pandugo, Sandhy Sondoro, Vidi Aldiano, Lib3ro, Reza Rahadian dan tentunya dengan balutan musik yang megah dari Erwin Gutawa Orchestra sebagai tuan rumah konser ini.

“Untuk penyanyi ini, kenapa lelaki semua? Ini merupakan ide tim kreatif dari anak saya (Gita Gutawa). Karena persembahan ini diberikan kepada tiga penulis lagu wanita, jadi dalam konsernya untuk semua penyayi harus pria,” kata ayah penyanyi Gita Gutawa itu.

Salah satu yang istimewa di konser ini adalah kehadiran Reza Rahadian. Selama ini, Reza dikenal sebagai aktor, bukan sebagai seorang penyanyi.

"Kami kenal dekat (dengan Reza). Reza pasti mampu, dia juga pasti akan mengembangkan ide-ide saya dan Gita menjadi lebih luas dan lebih hebat," ucap Erwin.

Dalam konser ‘Salute’ ini, Gita Gutawa bertugas di tim kreatif. Sebelumnya kolaborasi Erwin dan Gita juga telah berhasil membuat konser khusus untuk anak-anak dalam proyek Di Atas Rata-Rata.

Gita yang juga hadir di kesempatan tersebut, menyebutkan ide-ide awal mulai tercipta ketika dia dan ayahnya berdiskusi di rumah. Jelang konser ini, Gita pun mulai disibukan dengan pertemuan dengan musisi-musisi yang karyanya akan ditampilkan agar setiap segmen dalam konser dapat benar-benar menggambarkan isi lagu.

“Awalnya enggak mikir teribat tapi karena papa jadi banyak diskusi di rumah akhirnya banyak berbagi ide. Akhirnya saya kelimpaham tugas. Ini pengalaman menarik karena konser salute ini bukan konser saja memang yang unik adalah tujuannya mengapresiasi dan kita tahu Melly Goeslaw sering mendapat julukan Queen of Soundtrack gitu, jadi kita akan me-respect itu. Untuk Dee, juga sebagai penulis novel, tapi background penulisan novel dia sangat berperan bagaimana dia menulis lagu. Kalau Dewiq, mungkin Hits Maker gitu kita tahunya," ucapnya.

Konser ini akan menghadirkan tata panggung dan suara orkestra berkualitas karya Erwin Gutawa. Perpaduan elemen visual dan audio ini akan memberikan atmosfer konser yang luar biasa bagi penikmat musik yang menyaksikan. Penonton juga akan dibawa bernostalgia dengan deretan lagu populer karya tiga komposer wanita tersebut yang akan dibawakan oleh penyanyi ternama Indonesia seperti.

Konser ini akan digelar di Hall 5, ICE BSD City yang memiliki dengan kapasitas 3.800 seat. Harga tiket dibanderol Rp700.000—Rp2,5 juta yang mulai dijual 9 Januari 2019. Informasi lebih lanjut bisa mengakses www.konsersalute.com.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak