alexametrics

7 Manfaat Delima, Tingkatkan Kesehatan Jantung hingga Mencegah Kanker

loading...
7 Manfaat Delima, Tingkatkan Kesehatan Jantung hingga Mencegah Kanker
Buah Delima memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, mulai meningkatkan kesehatan jantung hingga mencegah kanker. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Delima dianggap sebagai salah satu buah yang paling sehat. Namun, tidak banyak yang menyadarinya. Buah yang satu ini mampu mencegah atau mengobati berbagai penyakit hingga menurunkan peradangan.

Satu buah delima memiliki lebih dari 600 biji dan penuh nutrisi. Benih juga digunakan untuk membuat minyak biji delima yang memiliki banyak efek kesehatan, baik secara internal maupun eksternal. Seperti dilansir Boldsky, berikut manfaat delima untuk kesehatan

1. Meningkatkan kesehatan seksual
Pomegranate diketahui memiliki efek positif pada suasana hati. Menurut sebuah penelitian, buah ini dikenal memperbaiki gejala disfungsi ereksi dengan meningkatkan aliran darah di jaringan ereksi sehingga menyembuhkan impotensi. Delima juga meningkatkan kadar testosteron yang menaikan hasrat seksual pada pria dan wanita.



2. Meningkatkan kesehatan jantung
Delima dapat meningkatkan kesehatan jantung karena adanya asam lemak yang disebut asam punicic dan antioksidan kuat lainnya, seperti tanin dan anthocyanin yang membantu melindungi penyakit jantung.

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi delima memiliki peningkatan kolesterol baik dan pemecahan lipid teroksidasi yang berbahaya sehingga mengurangi risiko aterosklerosis. Selain itu, mengurangi tekanan darah tinggi. Mengkonsumsinya setiap hari akan meningkatkan aliran darah ke jantung pada pasien dengan penyakit jantung coroner.

3. Mencegah kanker

Biji delima telah ditemukan untuk memotong risiko kanker prostat, jenis kanker yang paling umum pada pria. Delima memiliki sifat anti-kanker yang dapat dikaitkan dengan adanya asam punicic yang mencegah proliferasi sel kanker dan juga menginduksi kematian sel kanker.

Makanan pelawan kanker ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara juga dan merangsang kematian sel sel kanker payudara.

4. Mencegah obesitas

Makan delima akan membantu pencegahan obesitas karena kaya akan polifenol, flavonoid, antosianin dan tannin. Semua manfaat itu bantuan mempercepat proses pembakaran lemak dan meningkatkan metabolisme.

Makan delima atau minum segelas jus delima membantu menekan nafsu makan sehingga mengurangi kemungkinan menjadi gemuk.

5. Mengurangi risiko radang sendi

Biji delima dapat membantu meringankan radang sendi dan nyeri sendi karena mereka adalah sumber antioksidan yang baik yang disebut flavonol yang bertindak sebagai agen anti-inflamasi dalam tubuh.

Studi telah menemukan bahwa ekstrak biji delima memiliki kemampuan untuk memblokir enzim yang merusak sendi pada orang yang menderita osteoarthritis. Studi lain menunjukkan bahwa ekstrak delima mengurangi onset dan insidensi artritis yang diinduksi kolagen.

6. Menunda penuaan

Delima mengandung antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E yang membantu menetralkan efek radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dalam tubuh membuat kulit terlihat lebih tua sebelum Anda bertambah tua.

Senyawa tanaman bermanfaat dalam buah membantu regenerasi sel kulit. Ini membantu menjaga keriput dan kulit kendur agar tidak hilang. Selain itu, kandungan antioksidan dalam delima dapat membantu memerangi peradangan kulit, jerawat dan meningkatkan kemampuan kulit untuk melindungi diri dari kerusakan akibat sinar matahari.

7. Meningkatkan kesehatan rambutJika Anda menderita rambut rontok, konsumsilah biji delima. Mereka membantu memperkuat folikel rambut berkat asam punicic, asam lemak yang membuat rambut kuat.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak