alexametrics

Frontman Megadeth: Bintang Rock Sejati Sudah Habis

loading...
Frontman Megadeth: Bintang Rock Sejati Sudah Habis
Frontman band heavy metal Megadeth, Dave Mustaine, menyatakan, di abad 21 sudah tidak ada lagi bintang rock sejati. Internet adalah salah satu penyebabnya. (Rock and Roll Garage)
A+ A-
LOS ANGELES - Ungkapan Rock Is Dead yang sudah lama didengungkan, masih sering menjadi bahan pembicaraan, bahkan di antara para rocker itu sendiri. Ada yang menyatakan ungkapan itu benar, dan ada juga yang mengatakan, rock itu masih ada. Pendapat berbeda disampaikan frontmant Megadeth, Dave Mustaine.

Rocker gaek ini mengatakan, di abad 21 ini, bintang rock sudah punah. Menurut dia, itu disebabkan karena generasi musisi rock saat ini terlalu takut untuk melakuakan kesalahan dan takut karena tingkah aneh mereka bisa menjadi bahan berita utama.

“Nggak ada lagi bintang rock. Kalian tahu apa yang kalian dapatkan? Kalian punya banyak anak-anak yang bekerja di majalah musik—bukan bermaksud menyinggung,” ujarnya seperti dikutip Bang Showbiz.



Dave menuding internet dan media musik sebagai biang keladinya. Menurut rocker berusia 57 tahun ini, internet dan media lebih senang membuat berita tentang gosip ketimbang musik itu sendiri.

“Dulu ada kode kehormatan antara band dan majalah musik. Lalu internet datang dan mulai memecah band, dan itu menjadi normal ketika orang hanya membuat cerita untuk menghancurkan band. Menjadi lebih penting tentang siapa penulis beritanya ketimbang band yang mereka liput. Saya kangen ada hari-hari di mana semuanya adalah tentang musik dan bukan tentang peninjaunya,” papar Dave kepada Hammer.

Selain itu, Dave juga merasa toko musik yang hanya menjual album heavy metal—hanya sedikit saat ini—adalah bagian besar dalam menginspirasi generasi band berikutnya. Perbedaan besarnya saat ini adalah ada layanan streaming yang mempermudah perilisan dan konsumsi musik baru.

“Ini adalah pedang bermata dua. Lebih mudah bagi band baru untuk mengeluarkan musik mereka, tapi ada fakta bahwa Scott (Ian, frontman Anthrax) biasa pergi ke toko musik yang sama dengan saya di San Francisco bernama The Record Well. Dan, nyatannya, saat itu, kalian bisa menemukan toko musik yang hanya menjual musik metal dan kalian masuk dan orang di belakang meja kasir akan tahu kalian dan kalian bisa masuk dan mereka akan memberitahu apa yang baru. ‘Album baru Tank sudah keluar!’ atau ‘Album baru Raven sudah ada!’ atau ‘Bung, menurutmu bagaimana album baru Wicthfinder General?’ Dan, kami seperti ada di sana, seperti ‘Wah, ini orang-orangku!’ Rasanya menyenangkan ketika kalian biasa masuk ke salah satu toko ini dan melihat orang-orang seperti kalian. Tidak banyak toko seperti itu lagi,” tutur Dave.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak