alexametrics

Botok Kelapa Khas Jawa yang Lezat untuk Makan Siang

loading...
Botok Kelapa Khas Jawa yang Lezat untuk Makan Siang
Botok Kelapa yang menjadi makanan khas Jawa yang memberi rasa nikmat. Sayang, banyak tempat yang tidak lagi menyediakan menu ini. Namun, Anda bisa membuatnya di rumah. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Botok kelapa merupakan salah satu makanan khas Jawa. Makanan sederhana ini terbuat dari ampas kelapa yang sudah diambil santannya.

Selanjutnya, ampas kelapa dibumbui dengan cabai, garam, merica dan daun salam. Kemudian, botok dibungkus dengan daun pisang dan dikukus.

Nah, saat ini, botok hadir dengan beragam modifikasi, seperti botok dengan tambahan petai cina, udang atau tahu. Botok terasa nikmat disantap selagi hangat. Jika Anda tertarik membuatnya, seperti dikutip akun Instagram @masaktv, berikut resep membuat Botok Kelapa untuk makan siang.



Bahan-bahan:
200 g kelapa agak muda
20 g kacang kapri
25 g teri nasi
8 buah cabai rawit merah
8 lbr daun salam
Daun pisang

Bumbu halus:
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
3 buah cabai merah keriting
1 cm kencur
1 sdk teh garam
1 sdk teh gula pasir

Cara membuat:

Aduk rata kelapa parut, kacang kapri, teri nasi, dan bumbu halus. Ambil daun pisang. Letakkan selembar daun salam. Sendokkan campuran kelapa.

Beri satu buah cabai rawit merah atau sesuai dengan tingkat kepedasan yang diinginkan. Bungkus. Sematkan dengan lidi. Kukus 30 menit diatas api sedang sampai matang. Angkat. Sajikan selagi hangat. Botok Kelapa siap dihidangkan.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak