alexametrics

Jake Gyllenhaal, Sang Spesialis Pemeran Karakter Kelam

loading...
Jake Gyllenhaal, Sang Spesialis Pemeran Karakter Kelam
Jake Gyllenhaal, Sang Spesialis Pemeran Karakter Kelam
A+ A-
Dari peran dalam film komedi, drama romantis, dan laga, Jake Gyllenhaal kini lebih gemar tampil memerankan karakter-karakter gelap dan kompleks. Yang terbaru, dia akan tampil sebagai Mysterio, musuh Spider-Man dalam film Spider-Man: Far From Home.

Orang-orang mungkin mengenalnya sebagai Prince of Persia, karakter yang diperankannya dalam film blockbuster berjudul sama yang dirilis pada 2010. Namun waktu mencatat, bahwa Jake justru menancapkan namanya dalam perfilman dunia lewat karakter-karakter kelam atau film-film indie yang jauh dari hiruk pikuk box office.

Misalnya saja peran sebagai remaja bermasalah dalam film indie Danny Darko (2001), koboi gay dalam Broke Back Mountain (2005), kameramen mirip psikopat dalam Nightcrawler (2014), hingga film-film thriller kompleks seperti Zodiac (2007), Prisoners (2013), Enemy (2013), dan Nocturnal Animals(2016).



Tahun lalu aktor berusia 38 tahun ini pun bermain dan menjadi produser dalam film drama Wildlife yang dinobatkan sebagai film terbaik dalam Torino Film Festival serta film western dark comedy The Sisters Brothers.

Dengan wajah tampan dan mata biru yang membius, Jake sebenarnya sangat layak muncul dalam film-film romantis atau film blockbuster yang menjaring puluhan juta penonton dan mengundang jerit histeris kaum hawa. Namun, ada sesuatu dalam karakter-karakter kelam dalam film, yang membuatnya terus-menerus memilih karakter-karakter itu.

“Mungkin karena aku menemukan kejujuran dalam hal-hal yang kelam. Aku mencari sesuatu yang bisa membuat aku jujur, sejujur-jujurnya,” ujar Jake pada The Globe and Mail tentang ketertarikannya pada karakter dan film-film yang kelam dan kompleks.

Tahun depan pun, pria yang lahir dari keluarga film (ayah sutradara, ibu penulis, dan kakak aktris Maggie Gyllenhaal) ini pun masih akan muncul sebagai karakter kelam antagonis. Namun, kali ini perannya akan lebih komersial karena filmnya bagian dari Marvel Cinematic Universe (MCU). Aktor kelahiran Los Angeles ini akan menjadi Mysterio, musuh Spider-Man (Tom Holland).

Dikutip Mirror, Mysterio adalah salah satu musuh paling ikonik yang ditampilkan dalam komik Spider-Man. “Ada banyak dinamika yang berlangsung. Banyak hal dan hubungan. Banyak hal lucu yang asyik,” katanya, dikutip Geek Tyrant.

Selain menjadi penjahat Mysterio, aktor kelahiran 19 Desember 1980 ini juga masih akan memainkan sederet film berkualitas lainnya. Misalnya remake film thriller Denmark The Guilty. Film ini telah memenangi banyak penghargaan, yakni dinobatkan sebagai salah satu dari lima film berbahasa asing terbaik versi National Board of Review tahun lalu.

Juga masuk sebagai nomine untuk penulis skenario dan aktor terbaik dalam European Film Awards. Denmark juga memasukkannya dalam daftar film berbahasa asing untuk Piala Oscar. “Kami melihat The Guilty di Sundance dan terpesona. Film ini mahir dalam menenun ketegangan menjadi karakternya menarik,” kata Jake yang juga akan duduk sebagai produsernya.

Dikutip AV News, peran sebagai polisi dengan masa lalu kelam ini sangat cocok untuk Jake yang kenyang dengan karakter-karakter kompleks. Selain The Guilty, Jake juga akan bermain dalam Velvet Buzzsaw karya Dan Gilroy, yang akan ditayangkan di Netflix pada bulan depan.

Jake juga akan kembali ke panggung teater dalam Sea Wall/A Life pada 14 Februari mendatang di Public Theatre. Tak hanya itu, Jake menjadi meme salah satu karakter yang dimainkan situs permainan daring terkenal Red Dead Redemption Online.
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak