alexametrics

Cara Mudah Menjaga Kesehatan, Makan Saja Buah dan Sayuran Setiap Hari!

loading...
Cara Mudah Menjaga Kesehatan, Makan Saja Buah dan Sayuran Setiap Hari!
Makan buah dan sayuran setiap hari bisa menjauhkan Anda dari penyakit. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan Imperial College London. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) merekomendasikan untuk makan 5 porsi buah dan sayuran setiap hari. Sementara, sebuah studi menunjukkan bahwa makan buah dan sayuran lebih banyak setiap hari dapat secara drastis meningkatkan kesehatan.

Pada penelitian yang dilakukan Imperial College London ini menyarankan bahwa jika orang mulai mengonsumsi 800 gram buah dan sayuran yang dua kali lipat dari porsi yang disarankan dan setara dengan 10 porsi, maka sekitar 7,8 juta kematian dini di seluruh dunia dapat dicegah secara potensial setiap tahunnya.

Tim peneliti telah menganalisis 95 studi yang berbeda yang mencakup hingga 2 juta orang di seluruh dunia. Mereka memeriksa hingga 43.000 kasus penyakit jantung, 47.000 kasus stroke, 81.000 penyakit kardiovaskular, 112.000 kasus kanker dan 94.000 kematian.



Menambah 10 porsi buah dan sayuran dalam makanan memang terasa berat dan menakutkan. Namun, tak perlu khawatir, ada jalan keluar yang mudah. Seperti dilansir Times Of India, pertama, mulailah hari dengan memasukkan jus jeruk segar (jumlah porsi: 1) pada sarapan Anda. Atau, menambahkan buah segar sebagai topping ke mangkuk sereal.

Anda juga bisa memanggang brokoli (jumlah porsi 3), kembang kol dengan tomat, dalam minyak zaitun dengan biji jintan untuk makan siang. Kemudian, Siapkan satu apel dan pisang utuh sebagai camilan sore Anda.

Saat Anda berjuang pulang ke rumah setelah seharian bekerja, smoothie yang terdiri dari anggur dan buah beku adalah cara sempurna untuk mengekang rasa lapar.

Cara mengatasi lainnya, dengan makan banyak sayuran hijau, termasuk sayuran, kacang polong dan kacang hijau saat makan malam.

Namun, jika Anda berpikir untuk mengambil jalan keluar yang lebih mudah dengan mengkonsumi multivitamin, maka ini menjadi berita buruk bagi Anda.

"Kemungkinan besar seluruh paket nutrisi bermanfaat yang Anda peroleh dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang penting adalah kesehatan. Inilah sebabnya mengapa penting mengonsumsi makanan nabati utuh untuk mendapatkan manfaat, alih-alih mengambil suplemen antioksidan atau vitamin (yang belum terbukti mengurangi risiko penyakit),” kata tim penulis.

Jangan khawatir, jika Anda adalah seseorang yang rajin makan 5 porsi buah-buahan dan sayuran setiap hari dan tidak dapat menampung lebih banyak, Anda masih baik untuk melakukannya.

Penulis utama studi di School of Public Health di Imperial, Dr Dagfinn Aune mengatakan jika pihaknya ingin menyelidiki berapa banyak buah dan sayuran yang perlu dikomsumsi untuk mendapatkan perlindungan maksimal terhadap penyakit, dan kematian dini.

“Hasil kami menunjukkan bahwa meskipun lima porsi buah dan sayuran baik, 10 porsi sehari bahkan lebih baik,” ujar dia.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak