alexametrics

5 Cara Mengobati Tumit Pecah-pecah dengan Bahan Alami

loading...
5 Cara Mengobati Tumit Pecah-pecah dengan Bahan Alami
Tumit yang retak atau pecah-pecah adalah salah satu masalah yang paling sering dihadapi. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Berbicara tentang kaki, tumit yang retak atau pecah-pecah adalah salah satu masalah yang paling sering dihadapi. Namun, sebagian orang tak pandai untuk mengatasinya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk merawat tumit, terlebih yang retak. Seperti dilansir Boldsky, ada beberapa penyebab umum tumit pecah-pecah dan ada cara alami untuk mengobatinya.

Seperti diketahui, umumnya tumit pecah disebabkan karena kurangnya kelembaban. Akan tetapi bisa juga karena kekeringan, cuaca dingin, menggunakan sabun yang keras, menggosok kaki kering, atau kondisi medis seperti diabetes. Lalu bagaimana mengobatinya?



1. Minyak alpukat & vitamin E
Kaya akan minyak atsiri, vitamin, dan lemak, alpukat membantu memperbaiki kulit kering, sehingga merawat tumit pecah-pecah dengan penggunaan rutin.
Bahan: 2 sdm pulp alpukat dan 1 sdm minyak vitamin E

Cara mengaplikasikannya; Campurkan kedua bahan hingga halus. Oleskan campuran krim ini di atas tumit dan kaki. Biarkan selama sekitar 20 menit dan kemudian cuci dengan air hangat. Ulangi ini sekali sehari untuk hasil yang diinginkan.

2. Pisang & pepaya
Pisang dan pepaya bekerja sebagai pelembab alami untuk kulit sehingga merawat kaki atau tumit kering dan pecah-pecah bila digunakan berulang kali. Buah-buahan ini juga membuat kulit di kaki lembut dan halus.
Bahan: ½ pisang matang dan 4-5 potongan pepaya matang

Cara mengaplikasinya; Tambahkan setengah pisang ke dalam mangkuk, tambahkan beberapa potongan pepaya dan tumbuk kedua bahan sampai Anda mendapatkan pasta yang halus dan konsisten.

Oleskan ke tumit dan kaki Anda dan biarkan selama 15-20 menit. Cuci dengan air hangat dan tepuk-tepuk sampai kering. Gunakan ini sekali sehari untuk hasil yang diinginkan.

3. Air mawar & gliserin
Rosewater (air mawar) memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik yang membantu dalam memperbaiki tumit yang retak.
Bahan: 1 sdm air mawar dan 1 sdm gliserin

Cara mengaplikasikannya; Campurkan air mawar dan gliserin dalam mangkuk kecil dan buat campuran halus. Oleskan ke seluruh tumit dan kaki. Biarkan semalaman dan kemudian cuci dengan air hangat di pagi hari. Ulangi ini setiap hari untuk hasil yang diinginkan.

4. Garam Epsom

Garam epsom membantu melembutkan kaki dan mengendurkan otot kaki yang lelah.
Bahan: ½ gelas garam Epsom
Cara mengaplikasikannya; Tambahkan setengah cangkir garam Epsom ke dalam bak berisi air hangat. Rendam kaki dalam air selama sekitar 15 menit. Lepaskan kaki dari air dan gosok tumit dengan scrub kaki untuk mengangkat sel kulit mati. Ulangi ini dua kali / tiga kali seminggu untuk hasil yang diinginkan.

5. Lemon

Lemon memiliki sifat asam yang membantu menyembuhkan kulit kering dan kasar, sehingga mengobati tumit pecah-pecah ketika digunakan secara topikal.
Bahan: 2 sdm jus lemon
Cara mengaplikasikannya; Celupkan bola kapas ke dalam jus lemon dan gosokkan ke bagian yang sakit. Diamkan selama sekitar 10 menit dan kemudian cuci dengan air hangat. Ulangi ini sekali seminggu untuk hasil yang diinginkan.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak