alexametrics

5 Kesalahan Liburan yang Bikin Bujet Membengkak

loading...
5 Kesalahan Liburan yang Bikin Bujet Membengkak
Pernah merasa tagihan kartu kredit membengkak atau uang tabungan terkuras seusai liburan? Itu tanda bujet travel yang dianggarkan membengkak. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Pernah merasa tagihan kartu kredit membengkak atau uang tabungan terkuras seusai liburan? Itu tanda bujet travel yang dianggarkan membengkak. Dengan kata lain, ada kesalahan yang dilakukan yang bikin pengeluaran selama liburan jadi boros.

Namun, cukup sekali saja mengalami hal tersebut. Kalau berulang kali terjadi, lama-lama bisa tekor juga. Nah, bagi mereka yang belum pernah merasakan punya pengalaman buruk itu, ada baiknya antisipasi. Bagaimana caranya?

Seperti dilansir MoneySmart.id, ada beberapa kesalahan yang sebaiknya diperhatikan agar bujet travel tak membengkak.



1. Tukar uang di bandara
Terkadang, saat hendak bepergian ke luar negeri, hal yang cenderung terlupa adalah menukarkan uang. Ujung-ujungnya dan mau gak mau menukarkan uang di bandara negara tujuan. Tentu saja ini salah. Sebab penukaran uang yang dilakukan di bandara ternyata biayanya lebih mahal daripada menukar uang di money changer luar bandara.

Itulah kenapa para pelancong amat disarankan menukar uangnya lebih dahulu sebelum berangkat ke bandara. Dengan begitu, enggak perlu ada biaya berlebih yang keluar yang nantinya bisa bikin bujet travel membengkak.
5 Kesalahan Liburan yang Bikin Bujet Membengkak

2. Bawa barang berlebih yang bikin kena biaya bagasi
Kesalahan ini juga bisa berdampak pada membengkaknya bujet travel. Ada ketentuan yang mengharuskan penumpang membayar biaya bagasi. Beberapa maskapai penerbangan di Indonesia secara resmi memberlakukan biaya bagasi. Itu berarti enggak ada lagi biaya bagasi cuma-cuma saat naik pesawat.
5 Kesalahan Liburan yang Bikin Bujet Membengkak

3. Sering tarik tunai saat di luar negeri
Dengan lakukan tarik tunai di luar negeri, harusnya sudah tahu apa konsekuensi yang dihadapi. Setiap penarikan tunai di ATM luar negeri dikenakan biaya administrasi yang besarannya sekitar Rp25 ribu.

Bisa hitung dong berapa besar uang yang dikeluarkan kalau keseringan tarik tunai di luar negeri? Sekali aja sudah Rp25 ribu, apalagi tiga kali, sudah Rp75 ribu. Lumayan besar kan?
5 Kesalahan Liburan yang Bikin Bujet Membengkak

4. Lupa isi minum di hotel
Sepele, tapi lumayan juga kalau sampai keluar uang. Alangkah baiknya kalau membawa botol minum kemanapun tujuan liburannya.

Apalagi di negara tertentu, harga air mineral per botol luar biasa banget mahalnya. Contohnya aja di Singapura. Harga air mineral mencapai Rp11 ribu untuk kemasan 330 mililiter.
5 Kesalahan Liburan yang Bikin Bujet Membengkak

5. Bawa snack dari rumah
Membawa snack itu membantu banget buat menghemat pengeluaran. Soalnya nih selama perjalanan, bisa aja perut keroncongan. Mau enggak mau beli makanan. Ini bisa membebani bujet travel kalau harganya mahal. Karena itu, bawa aja snack dari rumah. Ini bisa bantu hemat pengeluaran.
5 Kesalahan Liburan yang Bikin Bujet Membengkak

Sumber: MoneySmart.id
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak