Makna di Balik Batik Pengantin Rizky Febian dan Mahalini, Terselip Doa Terbaik

Jum'at, 10 Mei 2024 - 17:03 WIB
loading...
Makna di Balik Batik Pengantin Rizky Febian dan Mahalini, Terselip Doa Terbaik
Rizky Febian dan Mahalini tampil paripurna mengenakan pakaian adat Sunda penuh makna. Foto/ Instagram
A A A
JAKARTA - Rizky Febian dan Mahalini resmi menikah, Jumat (10/5/2024). Keduanya mengikat janji sehidup semati dalam balutan busana adat Sunda.

Diintip dari foto-foto yang tersebar luas di media sosial, Rizky Febian dan Mahalini tampil paripurna mengenakan pakaian adat Sunda berlatar putih. Kain batik melengkapi tampilan mereka.



Jika dilihat secara detail, kain batik yang dikenakan Rizky Febian dan Mahalini terlihat begitu mewah dengan penambahan payet-payet mengikuti pola batiknya.

Tak hanya itu, terselip doa di balik motif batik yang dikenakan pengantin baru ini. Apa doa tersebut?

Diterangkan Agnes Dwina Herdiasti Harnum, Desainer Motif Batik dan Penggiat Batik Tulis Pewarna Alami, Rizky Febian dan Mahalini mengenakan kain batik yang coraknya terinspirasi dari motif Semen. Dari motif tersebut, diharapkan pemakainya dapat tumbuh Bersama menjadi 'sesuatu' yang baik.

"Batik motif Semen secara umum menggambarkan tempat tumbuhnya sesuatu yang hidup. Tempat berseminya sesuatu yang hidup dan untuk itu, setidaknya ada dua unsur Utama; bapa angkasa (maskulin) dan ibu Bumi (feminin)," kata Agnes saat dihubungi MNC Portal melalui pesan singkat.

"Unsur bapa angkasa yang ada di kain batik Rizky Febian digambarkan lewat motif burung termasuk sayap burung. Sementara itu, unsur Bumi disimbolkan lewat tanaman yang ada di sekitar sayap burung," tutur dia lagi.

Lewat batik motif Semen ini, diharapkan pemakainya juga mengingat Kembali asal usul manusia itu sendiri. Artinya, kehadiran seseorang di Bumi ini salah satunya berkat orangtua, itu kenapa mereka perlu dihormati.

"Dengan filosofi itu, setiap orang yang menghormati orangtuanya, diharapkan akan memiliki kehidupan yang penuh berkah. Lewat motif ini juga diharapkan seseorang yang menggunakannya akan memiliki kehidupan baik di Bumi," ucap Agnes.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2203 seconds (0.1#10.140)