alexametrics

5 Obat Rumahan yang Bisa Atasi Mendengkur

loading...
5 Obat Rumahan yang Bisa Atasi Mendengkur
Mendengkur bisa menjadi masalah serius dan tentu saja menjengkelkan. Mengatasinya pun cukup mudah. Gunakan saja 5 obat rumahan. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Mendengkur adalah kondisi yang menjengkelkan, tetapi yang paling penting dan harus diketahui, mendengkur bisa menjadi pertanda buruk kesehatan.

Anda mungkin tidak menyadari hal ini, tetapi dengkuran dapat mengganggu kualitas tidur pasangan dan dapat menyebabkan kelelahan dan membuat mudah marah.

Berdasarkan statistik dari National Sleep Foundation, sekitar 1 dari 3 pria dan 1 dari 4 wanita mendengkur setiap malam.(Baca juga: Konsep Jantan Bikin Pria Berpacu dengan Waktu Melawan Kanker).



Mendengkur dapat disebabkan karena beberapa alasan, salah satunya kelebihan berat badan. Jika Anda pendengkur yang ringan dan sesekali, maka itu tidak masalah. Tapi mendengkur, dikombinasikan dengan penghentian pernapasan panjang sebagian besar terkait dengan risiko penyakit kardiovaskular dan membutuhkan perhatian medis segera.

Sleep apnea adalah kondisi lain yang mengarah ke mendengkur. Sleep apnea adalah gangguan tidur yang serius. Jika Anda pendengkur dan merasa lelah bahkan setelah tidur malam penuh, maka Anda mungkin menderita sleep apnea.

Menurut data, lebih dari 100 juta orang menderita sleep apnea secara global. Dari yang lebih dari 80% orang tetap tidak terdiagnosis. Jika Anda seorang pendengkur ringan daripada mencoba gadget aneh yang tersedia di pasar atau mengenakan masker yang tidak nyaman, cobalah 5 solusi alami. Seperti dilansir Times Of India, berikut ulasannya;

1. Teh jahe dan madu
Jahe adalah bumbu rumah tangga yang paling umum. Ini adalah makanan super yang dapat menyembuhkan hampir semua hal, mulai sakit perut, penurunan berat badan, masalah jantung hingga batuk biasa dan pilek.

Jahe bertindak sebagai agen anti-inflamasi dan antibakteri dan meningkatkan sekresi air liur yang menenangkan tenggorokan dan memberikan bantuan dari mendengkur. Minum teh jahe dan madu dua kali sehari sangat cocok untuk menghilangkan masalah mendengkur.

2. Bawang putih, bawang merah, dan lobak
Memiliki makanan aromatik yang kuat seperti bawang putih, bawang, dan lobak mencegah pengeringan hidung dan mengurangi kemacetan. Sebuah penelitian mengklaim bahwa produk makanan ini juga mengurangi pembengkakan di amandel dan mencegah sleep apnea. Anda bisa mengunyah bawang putih atau lobak sebelum tidur, tapi jika Anda tidak suka dengan baunya, bisa dimasukan ke makan malam.

3. Nanas, pisang, dan jeruk
Cara terbaik untuk menghilangkan dengkuran adalah dengan meningkatkan kualitas tidur dan hal ini dapat dicapai dengan meningkatkan jumlah melatonin yang diproduksi dalam tubuh.(Baca juga: Ini Rahasia Sandra Dewi Kembali Langsing Usai Melahirkan).

Melatonin adalah hormon yang membuat kita mengantuk dan cara efektif untuk melakukannya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung jumlah tinggi. Nanas, pisang, dan jeruk kaya akan melatonin dan Anda pun bisa menghentikan mendengkur dengan mengkonsumsi buah tersebut.

4. Susu kedelai
Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa produk susu juga dapat menyebabkan mendengkur karena meningkatkan dahak. Ini terjadi karena beberapa protein tertentu dari susu sapi dapat menyebabkan reaksi alergi ringan hingga parah, yang meningkatkan kemacetan dan menutup saluran hidung dan meningkatkan mendengkur. Tukar susu sapi yang Anda konsumsi dengan susu kedelai atau susu non-susu untuk bantuan.

5. Minyak zaitun extra virgin
Menghirup minyak zaitun extra virgin sebelum tidur dapat memperlancar saluran udara. Ini juga mencegah otot-otot tenggorokan menghalangi tenggorokan ketika tidur.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak