Ribuan Penari dan Seniman Meriahkan Naluri Menari di Denpasar, Diapresiasi Menteri PPPA

Senin, 13 Mei 2024 - 15:30 WIB
loading...
Ribuan Penari dan Seniman Meriahkan Naluri Menari di Denpasar, Diapresiasi Menteri PPPA
Menteri PPPA mengapresiasi acara Naluri Menari yang melibatkan ribuan seniman dan maestro di Bali. Foto/ instagram
A A A
JAKARTA - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga mengapresiasi acara Naluri Menari yang melibatkan komunitas seni Naluri Manca, seniman dan maestro di Bali.

Naluri Menari digelar untuk memeringati Hari Tari Sedunia di Kota Denpasar. Acara dibuka langsung Menteri I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga, didampingi Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara di Kawasan Pelataran Gedung Dharma Negara Alaya, Denpasar.

"Saya sangat mengapresiasi atas terselenggaranya acara ini. Ini adalah event NAME yang ketiga dan bisa menjadi momentum pelestarian seni tari, serta menjadi ruang ekspresi bagi seluruh lapisan masyarakat, terutama anak-anak dalam mengenal dan melestarikan seni. Antusias anak-anak dalam menarikan tarian Sekar Jempiring, ini merupakan bukti bahwa kesenian harus terus tumbuh berdampingan dengan kemajuan teknologi di era sekarang ini," kata Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga.

Tari Sekar Jempiring yang tetap eksis menjadi maskot tari penyambutan Kota Denpasar. Tari ini yang dibawakan oleh 1.100 siswa dari perwakilan sekolah di Kota Denpasar.

Perayaan Hari Tari Sedunia ini tidak hanya melibatkan penari di Kota Denpasar saja, juga seluruh penari Bali, Sulawesi, Sumatera, hingga Kanada.

"Peringatan Hari Tari Sedunia di Kota Denpasar sangat meriah. Ada penari lokal, nasional bahkan internasional yang terlibat, sehingga peserta terus bertambah, dan tumpah ruah. Tahun ini cakupan pelaksanaannya lebih luas dan dikemas dengan baik di ruang publik Kota Denpasar," kata I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga.

Name tahun ini dibagi dalam empat divisi, yaitu Divisi Kompetisi, Divisi Maestro, Divisi Eksebisi Pargelaran dan Divisi Gelar Karya. Nantinya kehadiran para maestro seni Kota Denpasar dapat menjadi inspirasi bagi seniman muda dalam berkarya dan berkreativitas.

"Acara ini menjadi salah satu agenda membangkitkan perekonomian dan kunjungan pariwisata serta memberikan ruang kreatifitas kepada para seniman, Naluri Menari ini juga menjadi pemacu generasi muda untuk tetap produktif berkesenian baik sebagai pelaku maupun berkarya dalam menuangkan ide dan gagasan yang baru sesuai dengan era dan jaman yang semakin berkembang," ungkap I Gusti Ngurah Jaya Negara.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan penghargaan kepada maestro tari serta pengisi acara. Kegiatan juga dirangkai dengan lomba-lomba tari dan penyerahan piala bergilir kepada pemenang lomba. Fokusnya adalah pada ruang kreatifitas dan eksplorasi dengan memberikan kesempatan tampil sebagai pengisi acara. Sehingga pelaksanaan bertujuan untuk memberdayakan seniman untuk berkreativitas secara berkesinambungan.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2583 seconds (0.1#10.140)
pixels