27 Penari Akan Tampil di Pertunjukan Teatrikal Kolosal Sabang Merauke The Indonesian Broadway

Rabu, 15 Mei 2024 - 09:09 WIB
loading...
27 Penari Akan Tampil di Pertunjukan Teatrikal Kolosal Sabang Merauke The Indonesian Broadway
Final The Audition Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway telah selesai digelar pada Sabtu (11/5/2024) lalu di Main Atrium Grand Indonesia East Mall, Jakarta. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Final The Audition Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway telah selesai digelar pada Sabtu (11/5/2024) lalu di Main Atrium Grand Indonesia East Mall, Jakarta. Melalui acara tersebut telah terpilih 27 penari terbaik dari penjuru Indonesia untuk menunjukkan bakat mereka dalam teatrikal kolosal “Pagelaran Sabang Merauke” The Indonesian Broadway yang bakal diadakan pada 17-18 Agustus 2024.

Para pemenang akan tampil di JIEXPO Convention Center & Theatre, Kemayoran, Jakarta, bersama Indra Bekti, Isyana Sarasvati, Yura Yunita, serta lebih dari 300 seniman musik dan tari.

The Audition merupakan bagian dari serangkaian acara Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway. Acara ini inisiatif dari iForte dan BCA untuk memberikan kesempatan bagi penari-penari berbakat dari seluruh daerah di Indonesia untuk menjadi bagian dari Pagelaran Sabang Merauke.



Koreografer Pagelaran Sabang Merauke Sandhidea Cahyo Narpati menjelaskan, ada beberapa kriteria penilaian untuk bisa menjadi pemenang dalam kompetisi tari itu. Ada yang bersifat wajib maupun bebas.

“Selain itu, faktor-faktor seperti keautentikan dan keunikan budaya daerah di Indonesia, serta kemampuan memberikan rasa dan ekspresi, menjadi poin penilaian utama,” ujar Cahyo.

Penari senior sekaligus salah satu anggota dewan juri, Didik Nini Thowok, menambahkan bahwa para finalis yang tampil menunjukkan bakat luar biasa dan semangat untuk melestarikan seni tradisi. Mereka adalah generasi penerus yang patut diacungi jempol.

“Saya hanya ingin menyampaikan satu pesan, jangan merasa kecewa jika tidak terpilih karena setiap dari kalian memiliki bakat yang luar biasa," ungkapnya.

Sementara itu, musisi dan penyanyi dalam “Pagelaran Sabang Merauke” The Indonesian Broadway, Isyana Sarasvati, menyampaikan kekagumannya terhadap para finalis.

“Semua finalis adalah yang terbaik dari yang terbaik. Jadi jangan merasa kecil hati jika tidak terpilih. Terima kasih atas energi luar biasa yang kalian berikan malam ini. Kalian sungguh membanggakan," tuturnya.



Desainer Ivan Gunawan pun memuji penampilan para penari di The Audition ini. Ia mengatakan, melihat langsung antusias para calon penari yang ingin bergabung di pagelaran nantinya.

“Kebetulan saya selalu diberikan ruang oleh Pagelaran Sabang Merauke untuk menangani kostum para penari ataupun penyanyi, karena pagelaran ini bukan hanya mempertunjukkan seni dalam tari ataupun musik, namun juga dalam sisi fashion. Pagelaran ini menggandeng teman-teman desainer Indonesia lain untuk menjadikannya panggung dalam tema Nusantara,” beber Ivan Gunawan.

Sutradara Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway Rusmedie Agus mengaku, terharu dengan antusias peserta tari yang memperlihatkan bahwa potensi muda dari Sabang hingga Merauke memang luar biasa.

Selanjutnya, 27 pemenang “The Audition” akan menjalani proses karantina latihan selama 2 bulan mulai Juni 2024 di Yogyakarta bersama dengan 203 penari “Pagelaran Sabang Merauke” The Indonesian Broadway dari tahun-tahun sebelumnya.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1465 seconds (0.1#10.140)
pixels