Menikmati Seduhan Kopi di Atas Kanvas

Minggu, 10 Februari 2019 - 23:24 WIB
Menikmati Seduhan Kopi di Atas Kanvas
Menikmati Seduhan Kopi di Atas Kanvas
A A A
JAKARTA - Tidak selamanya pecinta kopi menikmati minuman favoritnya itu dengan diseduh dan disajikan seperti pada umumnya. Mereka juga bisa menikmatinya lewat karya seni berupa lukisan.

Sejumlah seniman yang tergabung dalam Komunitas Coffee Painter mampu menciptakan lukisan indah melalui seduhan hingga ampas kopi. Mengangkat tema "Coffee in Culture Heritage" atau yang berarti kopi dalam peninggalan kebudayaan, mereka menggelar pameran di kawasan Kota Tua, Jakarta.

Salah satu pelukis yang ambil bagian dalam pameran ini, Chrysnanda Dwilaksana menuturkan jika seni memiliki banyak konsep dan teori yang diungkapkan. Namun, ada suatu prinsip mendasar yang bisa dijabarkan dalam berbagai bentuk karya.

"Karya seni merupakan ungkapan jiwa dalam pikiran dan hasrat pada sesuatu bidang yang dapat ditangkap indra. Sehingga dapat terungkap makna di balik gejala atau fakta itu," papar Chrysnanda.

Dalam pameran yang berlangsung di Museum Seni Rupa dan Keramik ini setidaknya terdapat sekitar 23 capture budaya yang tumbuh dan berkembang di Indonesia dilukiskan di atas kanvas berukuran 1x1 meter. Pameran ini sendiri dilangsungkan sejak 9 hingga 16 Februari 2019.

Menurut Chrysnanda, seni menandakan adanya hasrat yang hidup dalam suatu kehidupan. Memaknai seni bukan saja sebatas karya, melainkan juga apa yang ada dari alam yang bisa dielaborasi menjadi sesuatu bidang yang baru. "Seni merupakan sesuatu sarat makna," tegasnya.

Lebih lanjut, Chrysnanda mengutarakan, makna dalam suatu karya seni rupa bisa diekspresikan dalam warna yang tersapu melalui goresan di atas kanvas menjadi tanda yang dapat ditangkap indra dan diungkapkan makna-maknanya.

Suatu yang dikatakan seni bukan sekadar perpindahan fisik dari sesuatu ke dalam berbagai media, tetapi juga ada pesan dan rasa yang menjadi konsumsi indra untuk menjadi stimuli jiwa. Hal tersebut menunjukkan manusia berakal budi yang menunjukkan keberadaanya yang terus hidup tumbuh dan berkembang.

Lukisan yang terpajang pada pameran ini minim dengan warna, karena memang lukisan kopi ini umumnya monokrom. Terdapat berbagai macam lukisan bertema kebudayaan, dari nuansa Bali, Borneo, Jawa, hingga Tionghoa.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4031 seconds (0.1#10.140)