Musisi Perempuan Dominasi Penghargaan Grammy Awards

Selasa, 12 Februari 2019 - 06:23 WIB
Musisi Perempuan Dominasi Penghargaan Grammy Awards
Musisi Perempuan Dominasi Penghargaan Grammy Awards
A A A
LOS ANGELES - Para musisi perempuan mendominasi penghargaan Grammy Awards tahun ini. Dua Lipa memenangkan nominasi artis baru, sedangkan Kacey Musgraves meraih penghargaan album of the year pertama wanita dalam Grammy Awards.

Musgraves mendapat empat penghargaan secara total untuk album ketiganya, Golden Hour. Dia pun mendedikasikan penghargaan itu buat sang suami. Musgraves mengaku sedang jatuh cinta saat album itu direkam.

Sementara itu, Dua mengaku sangat grogi dan bersyukur karena menerima penghargaan tersebut. Penghargaan yang diraihnya merupakan salah satu paling fenomenal dalam gelaran malam itu. Dua mengungkapkan bahwa penghargaan dalam kategori yang diperebutkan di Grammy ini dia persembahkan kepada para seniman wanita. “Saya yakin tahun ini kami benar-benar bangkit,” tutur Dua saat menerima penghargaan tersebut, dilansir BBC.

Masuknya namanya dalam kategori artis baru di tengah banyaknya musisi wanita yang dinominasikan, bagi Dua, adalah perubahan besar. “Hal ini mengubah apa yang ingin kita lihat selama beberapa tahun mendatang. Ini perbedaan besar dari tahun sebelumnya. Ini terasa tepat karena sangat banyak artis di sana yang saya cintai dan kagumi.”

Komentar Dua itu menjadi jawaban bagi Presiden Grammy Neil Portnow, yang tahun lalu mengkritik kurangnya para pemenang wanita dan menyatakan mereka perlu bangkit untuk dapat dipertimbangkan dalam penghargaan bergengsi tersebut.

Portnow tampil dalam acara Grammy kali ini untuk meminta maaf atas ucapannya tersebut. “Tahun lalu saya telah mengingatkan untuk datang langsung dengan isu yang membuka mata Anda cukup lebar untuk membuat Anda lebih berkomitmen membawa perubahan,” papar Portnow.

Acara Grammy tahun ini juga digelar untuk menciptakan perubahan, dengan penghargaan pencapaian seumur hidup buat Dolly Parton dan Diana Ross, serta sejumlah penampilan wanita sepanjang malam.

Rapper Brooklyn Cardi B menjadi wanita solo pertama yang menang dalam album rap terbaik, untuk debutnya dalam Invasion of Privacy. Ditemani suaminya, Offset, Cardi berterima kasih kepada putrinya, Kulture Kiari, karena memberinya dorongan untuk menyelesaikan rekaman itu tepat waktu.

“Saat saya tahu saya hamil, album saya belum selesai. Saya harus menyelesaikan album ini sehingga kami dapat merekam video saat saya tidak tampil,” kata Cardi. Di belakang panggung, Cardi mengatakan bahwa dia berbagi penghargaan itu dengan rapper Mac Miller yang keluarganya hadir dalam acara penghargaan tersebut.

Sementara itu, Lady Gaga meraih tiga penghargaan, termasuk penampilan pop terbaik untuk Joanne dan duet pop terbaik untuk Shallow, dari film nominasi Oscar, A Star Is Born. Sambil meneteskan air mata, Gaga berterima kasih kepada Bradley Cooper, co-star dan sutradara yang tidak hadir di Grammy, untuk tampil di The Baftas, London.

Gaga juga mengatakan dalam pidatonya untuk menyoroti pesan kesehatan mental dalam film tersebut, dengan mengungkapkan, “Jika melihat seseorang yang terluka seperti itu, Anda jangan mengabaikan.”

Ariana Grande yang tidak jadi tampil dalam acara itu karena berselisih dengan pihak penyelenggara, menerima penghargaan album pop terbaik untuk Sweetener, penghargaan pertamanya dalam Grammy Award. “Ini luar biasa dan cantik. Terima kasih banyak,” tweet Grande saat pengumuman Grammy.

Adapun Emily Lazar yang bekerja untuk album Beck's Colors, menjadi wanita pertama dalam sejarah Grammy dengan memenangkan album rekayasa terbaik.

Michelle Obama Mengejutkan

Mantan Ibu Negara Amerika Serikat (AS) Michelle Obama tampil secara mengejutkan dalam acara itu. Dia berpidato tentang kekuatan musik untuk menyatukan, bersama Lady Gaga, Jada Pinkett-Smith, Jennifer Lopez, dan Alicia Keys.

“Baik suka country maupun rap atau rock, musik membantu kita berbagi diri kita, martabat kita, kesedihan kita, harapan dan kegembiraan kita. Ini membuat kita mendengar orang lain, mengundang orang lain masuk,” tutur Michelle.

Diana Ross juga berbicara tentang kekuatan musik saat dia menampilkan karyanya, beberapa pekan sebelum dia berusia 75 tahun. “Saat kecil, saya pikir bernyanyi membuat saya bahagia, itu membuat orang tua saya bahagia, dan itu membawa hingga hari ini, dan ini membawa saya kegembiraan,” tutur Ross.

Dalam usia 85 tahun, bintang country Willie Nelson memenangkan album vokal pop tradisional terbaik untuk My Way. Quincy Jones yang juga berusia delapan puluhan tahun, pun meraih penghargaan untuk kategori film musik terbaik dalam film Netflix.

Meski demikian, Quincy Jones dan Willie Nelson bukan penerima penghargaan Grammy tertua. Pemenang Grammy tertua masih diraih Pinetop Perkins pada 2011 saat dia berusia 97 tahun untuk album blues tradisional terbaik.

BTS Ramaikan Grammy

Boyband asal Korea selatan (Korsel) BTS menorehkan sejarah sebagai musisi asal Negeri Ginseng pertama yang hadir dalam Grammy Awards di Staples Center, Los Angeles, kemarin. “Tumbuh besar di Korsel, kita selalu bermimpi berada di panggung Grammy,” kata RM, pemimpin BTS.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh penggemar yang menjadikan mimpi mereka menjadi kenyataan. “Kita akan kembali,” tuturnya. Para anggota BTS mengenakan setelah jas karya desainer Korsel. JayBaek Couture membuat setelan jas bagi V, Jungkook, Jin, Jimin, Suga, dan RM. Sedangkan J-Hope mengenakan setelan jas dari desainer Kim Seo-ryong yang terkenal dalam Seoul Fashion Week.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6337 seconds (0.1#10.140)