Diet Rainbow, Makanan Berwarna yang Bisa Melawan Penyakit Berbahaya

Selasa, 12 Februari 2019 - 10:27 WIB
Diet Rainbow, Makanan Berwarna yang Bisa Melawan Penyakit Berbahaya
Diet Rainbow, Makanan Berwarna yang Bisa Melawan Penyakit Berbahaya
A A A
JAKARTA - Makan berbagai makanan berwarna telah dikaitkan dengan sejumlah besar manfaat kesehatan fisik dan mental. Bahkan, para ahli kesehatan sering merekomendasikan untuk makan dengan cara diet pelangi sebagai bagian dari rencana makan sehat untuk mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar berfungsi nurmal.

Makan makanan yang terdiri dari banyak makanan berwarna bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh untuk melawan segala penyakit potensial. (Baca juga: Lelaki yang Tak Sunat Berisiko Tinggi Terserang Kanker Penis ).

Samantha Heller, ahli diet terdaftar dan ahli gizi klinis senior di NYU Langone Health di New York, mengatakan kepada CNN bahwa meskipun tidak ada makanan atau diet khusus yang membantu membersihkan tubuh dari penyakit, makan makanan yang penuh nutrisi dapat menawarkan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Menurut Heller, sistem kekebalan tubuh membutuhkan semua nutrisi agar berfungsi optimal, termasuk vitamin, mineral, lemak, karbohidrat, protein, dan fitonutrien. Berikut manfaat kesehatan konsumsi makanan berwarna seperti dilansir dari Times Now News.

1. Merah
Buah dan sayuran merah seperti tomat, paprika merah, stroberi, anggur merah muda sarat dengan phytochemical (likopen dan anthocyanin) yang dapat membantu melindungi terhadap penyakit tertentu termasuk kanker dan diabetes. Mereka juga dapat mendukung kesehatan mata dan menjaga kulit tetap sehat.

2. Orange
Antioksidan dalam makanan berwarna orange seperti wortel, jeruk, lemon, ubi, pepaya, labu, dan lainnya dapat membantu mencegah kerusakan radikal bebas pada DNA. Makanan berwarna orange juga mengandung zeaxanthin, flavonoid, likopen, kalium, vitamin C dan beta-karoten, yang membantu tubuh dalam berbagai cara, mulai dari mata dan kulit hingga jantung dan tulang.

3. Kuning
Makanan seperti nanas dan pepaya dikenal untuk meringankan pencernaan, mengurangi peradangan dan pembengkakan. Makanan ini mengandung enzim seperti bromelain dan papain yang dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan. (Baca juga: 8 Selebritis Berbusana Terbaik di Grammy Awards 2019 ).

4. Hijau
Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, peterseli, seledri, brokoli dan artichoke dikemas penuh dengan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Makanan ini juga dapat menambah energi, dan mengurangi risiko kanker.

5. Ungu dan biru

Makanan berwarna ungu dan biru meliputi kembang kol ungu, kol ungu, kangkung ungu, terong, blueberry, cranberry yang mengandung antioksidan luar biasa untuk kesehatan otak dan jantung. Selain itu, makanan ini juga dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh.

6. Putih

Buah-buahan dan sayuran ini mungkin tidak terlihat berwarna seperti jenis makanan lainnya, tetapi dapat meningkatkan dan mendukung kesehatan dalam berbagai bentuk. Pisang, kembang kol, kentang, bawang, bawang putih dikenal karena kemampuannya untuk mengurangi peradangan, menurunkan kolesterol, melindungi tubuh terhadap kanker tertentu.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5100 seconds (0.1#10.140)