Angela Tanoesoedibjo Bagikan Kisah Inspiratif Pelaku UMKM Lokal di Ajang Inabuyer B2B2G 2024

Kamis, 16 Mei 2024 - 18:55 WIB
loading...
Angela Tanoesoedibjo Bagikan Kisah Inspiratif Pelaku UMKM Lokal di Ajang Inabuyer B2B2G 2024
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo menghadiri acara Inabuyer B2B2G Expo 2024, Kamis (16/5/2024). Kemenparekraf terus mendorong perkembangan industri UMKM lokal. Foto/MPI/Dimas Andhika Fikri
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus mendorong perkembangan industri UMKM lokal. Tak hanya menyediakan pelatihan bagi para pelaku UMKM, Kemenparekraf juga kerap mensosialisasikan pentingnya pemahaman Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Seperti yang dilakukan oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo saat menghadiri acara Inabuyer B2B2G Expo 2024. Angela menceritakan sebuah kisah inspiratif dari salah satu brand UMKM asal Indonesia.

“Ada satu brand lokal yang berhasil menarik perhatian saya. Namanya Buttonscarves. Brand ini berdiri pada 2015, dan workshop mereka itu hanya sebuah garasi. Tapi dengan pemahaman HKI yang mumpuni, mereka kini berhasil mengekspansi pasar yang lebih luas bahkan hingga ke luar negeri,” ungkap Angela Tanoesoedibjo dalam diskusi panel Inabuyer B2B2G Expo 2024 di Gedung Smesco, Jakarta, Kamis (16/5/2024).





Lebih lanjut Angela Tanoesoedibjo menjelaskan, keberhasilan Buttonscarves dalam menembus pasar mancanegara tidak terlepas dari upaya sang owner mendaftarkan produk dan karya-karyanya pada HKI.

Dengan adanya HKI, pemilik brand dapat memastikan produk mereka memiliki legalitas yang resmi. Legalitas inilah yang diperlukan untuk mengekspansi pasar karena dinilai sebagai jaminan bahwa produk benar-benar orisinal.

“Ketika HKI atau produk dilindungi, kita akan lebih mudah untuk expanding our business. Buttonscarves itu setelah punya HKI, mereka lebih mudah memasukkan produknya ke mall. Dan sekarang sudah sampai negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura,” kata Angela Tanoesoedibjo.

“HKI juga memudahkan pelaku usaha untuk mendapatkan pendanaan atau investor, dalam arti lain bisa menjadi sumber peningkatan penghasilan bagi para pelaku ekonomi kreatif,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Angela Tanoesoedibjo juga meluangkan waktu untuk menyambangi booth para peserta event. Mengenakan blouse formal bermotif batik parang dengan aksen hitam, kehadiran Angela disambut hangat para pengunjung dan peserta event.

Tak sedikit yang mengajak Angela untuk berfoto sembari mempromosikan produk-produk UMKM mereka. Semuanya dilayani dengan ramah oleh wanita yang juga menjabat Wakil Ketua Umum DPP Partai Perindo tersebut.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1986 seconds (0.1#10.140)
pixels