alexametrics

Perhatikan Hal Ini saat Perkenalkan Sippy Cup pada si Kecil

loading...
Perhatikan Hal Ini saat Perkenalkan Sippy Cup pada si Kecil
Bayi berusia enam bulan sudah bisa diajari menggunakan sippy cup untuk minum secara mandiri. / Foto: Healthline
A+ A-
JAKARTA - Menginjak usia enam bulan, bayi sudah bisa diajarkan untuk minum langsung dari gelas secara mandiri. Dalam masa transisi ini, terdapat banyak cara untuk mengajarkannya, salah satunya dengan menggunakan gelas yang menjadi tren di kalangan ibu muda, yakni sippy cup.

Dengan mempunyai bagian menonjol dan memiliki lubang di ujungnya, membuat sippy cup menjadi gelas tertutup yang aman. Penggunaan sippy cup ini perlu dilakukan, agar si kecil tidak terbiasa minum dengan botol dot.

Banyak keuntungan yang bisa diambil dengan memanfaatkan sippy cup. Selain si kecil belajar mandiri, Anda juga bisa mengukur kebutuhan cairan yang dibutuhkan si kecil.



Menurut American Academy of Pediatrics, si kecil bisa dikatakan siap minum dari sippy cup mulai usia 6 dan 9 bulan. Lalu di atas 9 bulan, si kecil bisa langsung belajar minum dari botol dengan memakai sedotan.

Apabila sudah terbiasa menggunakan sippy cup sejak dini, si kecil bakal lebih tertarik untuk minum, terlebih gelasnya berwarna terang yang bakal memikat perhatiannya.

Meskipun begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat si kecil mulai belajar menggunakan sippy cup. Dinukil dari Babyologist yang mengutip Parents, Senin (11/2), berikut sejumlah tips yang bisa Anda praktikkan untuk si kecil di rumah.

1. Pilih Sippy Cup yang Menarik Warnanya

Si kecil bakal lebih tertarik dengan warna-warna terang, yang nantinya itu akan menjadi benda kesayangannya. Anda harus mengenalkan sippy cup yang mudah untuk latihan minum sendiri dan warnanya yang memikat. Seperti merah, kuning, biru terang, fuscia, dan sebagainya.

2. Pastikan si Kecil Bisa Duduk Tegak

Ketika Bunda ingin memberikan sippy cup kepada si kecil, pastikan dia bisa duduk tegak. Lalu, ajari dia untuk terbiasa memegang sendiri. Sippy cup biasanya dimodifikasi dengan gagang untuk pegangan berukuran handy. Pastikan pula si kecil tidak coba menumpahkan air dari gelas mungil tersebut.

3. Ajari Mengisap Air dari Sippy Cup

Setelah si kecil bisa duduk tegak, ajari dia untuk mengisap air dari sippy cup tersebut. Arahkan si kecil untuk memegang cangkir ke mulutnya dan meneteskan cairan ke bibirnya. Lepaskan penutup dari cangkirnya supaya tidak tumpah. Latih terus si kecil sampai terbiasa.

4. Jangan Cuma Diberi Air Putih

Jika si kecil latihan minum dari sippy cup, jangan cuma beri air putih saja. Anda bisa menggantinya dengan susu atau jus, yang jadi kesukannya. Pastikan kalau memberikan jus jangan yang banyak seratnya. Hal itu pasti menyumbat lubangnya dan mengganggu keluarnya cairan.

5. Jangan Beri Minum dari Sippy Cup saat si Kecil Tidur

Kalau lagi tidur, jangan paksa si kecil minum dari sippy cup. Tentunya hal ini membuatnya tersedak, sampai berujung kepada hal yang berbahaya. Gantilah dengan botol dot biasa supaya si kecil tetap nyaman minum.
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak