6 Selebritas yang Menjadi Penyintas Kanker

Rabu, 13 Februari 2019 - 15:28 WIB
6 Selebritas yang Menjadi Penyintas Kanker
6 Selebritas yang Menjadi Penyintas Kanker
A A A
JAKARTA - Kanker tidak pernah memilih usia, golongan dan juga jenis kelamin penderitanya. Semua orang bisa kena. Dari anak-anak hingga orang dewasa atau pun dari orang yang biasa sampai pesohor ternama. Penyakit ini sudah memakan banyak korban.

Namun, di antara para penderita kanker, ada juga yang berhasil sembuh atau menjadi penyintas. Kisah perjuangan mereka untuk sembuh dan bangkit melawan kanker sering kali menginspirasi banyak orang. Kegigihan mereka untuk bertahan hidup pun juga bisa menjadi motivasi banyak orang.

Sejumlah selebritas pun menjadi bagian dari itu. Ada di antara mereka yang berhasil bangkit dari kanker dan kini hidup sehat. Ada juga yang kemudian menjadi tokoh yang mendorong kesadaran terhadap kanker dan mendukung kampanye hidup sehat. Siapa saja mereka?

1. Kylie Minogue


6 Selebritas yang Menjadi Penyintas Kanker

Kanker Payudara
Kylie didiagnosis menderita kanker itu ketika berusia 36 tahun. Pada 2005, dia membatalkan turnya untuk menjalani perawatan untuk kanker tersebut. “Ketika kalian melepaskan segalanya dan kalian harus menumbuhkan bulu mata, rambut, itu mengagumkan,” papar Kylie ketika menceritakan pengalamannya itu pada November 2007 seperti dikutip People. “Sulit mengungkapkan apa yang saya pelajari dari itu, tapi ada perubahan psikologi dan emosional mendalam yang jelas terjadi,” imbuh dia.

2. Kareem Abdul-Jabbar

6 Selebritas yang Menjadi Penyintas Kanker

Chronic Myleod Leukemia
Kareem didiagnosis terkena chronic myelod leukemia pada 2008. Legenda bola basket asal Amerika Serikat ini mengungkapkan tentang diagnosisnya itu dalam sebuah wawacara pada 2016. “Bagi orang yang baru saja tahu kalau mereka punya penyakit ini, saya akan sarankan agar mereka benar-benar mengikuti instruksi dokter mereka. Mereka tahu apa yang mereka lakukan. Keberhasilan dengan obat-obatan baru membuat pekerjaan dokter jadi lebih menyenangkan,” papar dia.

3. Ria Irawan

6 Selebritas yang Menjadi Penyintas Kanker

Kanker Kelenjar Getah Bening
Selama delapan tahun, Ria harus bergelut melawan kanker kelenjar getah bening yang membelitnya. Segala pengobatan medis pun dia jalani. Dia tak malu mengakui kalau dia memakai fasilitas BPJS untuk pengobatan. Sebagai pejuang kanker, wanita 47 tahun ini menyatakan bahwa sebaiknya pihak terdekat penderita berhenti untuk menyebarkan pengobatan alternatif seperti penggunaan daun sirsak. Dia bahkan meminta agar pihak keluarga dan penderita kanker percaya dengan pengobatan medis. “Orang terdekat kita harus dibilangin jangan forward-forward WhatsApp daun kelor lah, daun sirsaklah, itukan pengobatan alternatif doang, ya percaya saja sama medis," kata Ria yang dikutip dari Okezone.

4. Adam Darski


6 Selebritas yang Menjadi Penyintas Kanker

Leukemia
Personel Behemoth ini didiagnosis menderita leukemia pada 2010. Berkat transplantasi sumsum tulang belakang yang dia jalani, kini dia sudah pulih. Dia mengungkapkan pengalamannya melawan penyakit itu dalam buku autobiografinya yang berjudul Confessions. “Saya tahu, saya punya tantangan. Ketika kalian melewati sebuah hutan gelap dan kalian tahu ada sesuatu yang bersembunyi di dalam gelap, kalian mulai panic. Tapi, ketika kalian melihat musuh kalian di cahaya, kalian fokus pada strategi, pada bagaimana kalian melakukannya. Saya suka berkelahi dan bermain, jadi saya memperlakukan penyakit saya seperti sebuah tantangan, seperti permainan catur,” tulisnya.

5. Rima Melati


6 Selebritas yang Menjadi Penyintas Kanker

Kanker Payudara
Rima divonis menderita kanker payudara pada tahun 1990an ketika berusia 45 tahun. Dia kemudian melakukan operasi pengangkatan payudara kirinya. Rima kini mnejadi aktivis kanker payudara dan mengampanyekan pola hidup sehat. "Hidup sehat itu perlu, terutama hendikan kebiasaan merokok," kata dia seperti dikutip Okezone.

6. Mr. T

6 Selebritas yang Menjadi Penyintas Kanker

T-Cell Lymphoma
Mr T yang kondang lewat serial The A-Team pada 1970an didiagnosis menderita T-Cell Lymphoma pada 1995. Pria bernama asli Laurence Tero Tureaud ini awalnya merasakan sakit di telinganya yang kemudian diketahui sebagai T-cell lymphoma, yang merupakan tipe kanker langka. Pada 2011, dia dinyatakan sudah bebas dari penyakit tersebut. “Saya kasihan pada orang-orang yang menyerah. Kita memang akan mati akibat satu dan lainnya, tapi jangan jadi pengeluh. Lawan. Jangan duduk dan menunggu kematian. Kita bisa jadi tegar. Kita bisa jadi gigih. Kita bisa hidup dengan kanker, bukan sekarang karenanya. Kita bisa menjadi penyintas kanker,” ujar Mr T.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0769 seconds (0.1#10.140)