Ini Kelompok Usia yang Rentan Terkena Kanker Darah

Rabu, 13 Februari 2019 - 17:20 WIB
Ini Kelompok Usia yang Rentan Terkena Kanker Darah
Ini Kelompok Usia yang Rentan Terkena Kanker Darah
A A A
JAKARTA - Penyakit kanker darah seperti yang diderita mantan ibu negara Ani Yudhoyono dapat diderita oleh siapa saja. Seperti halnya leukemia limfoblastik akut yang merupakan salah satu kanker yang paling umum diderita pada anak-anak.

"Ini sangat tergantung pada jenis kanker darah individu. Dengan pengecualian leukemia limfoblastik akut yang merupakan salah satu kanker yang paling umum pada anak-anak," kata Dr Gerard Robbins selaku konsultan Hematologis di BMI Mount Alvernia Hospital di Guildford, Inggris.

Namun secara umum, risiko terkena kanker darah dapat meningkat dengan bertambahnya usia. Pria menjadi kelompok yang sedikit lebih terpengaruh dengan penyakit ini dibandingkan wanita.

"Ada beberapa perbedaan antara kelompok ras yang berbeda yang mungkin disebabkan oleh faktor genetik dan lingkungan," jelas Dr Gerard seperti dilansir dari Netdoctor.

Sementara hingga saat ini, penyebab penyakit kanker darah masih belum diketahui. Dalam beberapa jenis, penyebab spesifik telah diidentifikasi. Dalam banyak kasus, diketahui beberapa faktor yang meningkatkan risiko termasuk usia, faktor genetik, infeksi kronis, atau peradangan.

Sedangkan faktor gaya hidup, diungkapkan Dr Gerard Robbins tidak memainkan peran besar dalam penyebabnya, tapi sangat penting melalui dampaknya untuk mengatasi kanker dan perawatannya.

"Dalam banyak kasus, jawaban singkatnya adalah kami tidak tahu. Penekanan sistem kekebalan tubuh, paparan kemoterapi dan radiasi sebelumnya, dan kelainan darah yang sudah ada sebelumnya (termasuk kanker darah lainnya)," tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ani Yudhoyono harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit Singapura karena didiagnosa menderita penyakit kanker darah. Ani menjalani perawatan sejak 2 Februari 2019 lalu.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3657 seconds (0.1#10.140)