Bunda, Ini Cara Membuat Lodeh Sayur Campur Kaya Topping

Senin, 18 Februari 2019 - 12:27 WIB
Bunda, Ini Cara Membuat Lodeh Sayur Campur Kaya Topping
Bunda, Ini Cara Membuat Lodeh Sayur Campur Kaya Topping
A A A
JAKARTA - Sayur lodeh memiliki rasa gurih. Ini karena kuahnya dilengkapi dengan santan. Agar tidak bosan dengan menu yang satu ini, Anda bisa mengkreasikannya menjadi Lodeh Sayur Campur.

Untuk isiannya, Lodeh Sayur Campur bisa dikombinasikan dengan tahu putih, tempe, melinjo, kacang panjang dan terong. Namun, hal itu bisa disesuaikan dengan selera . Misalnya, ditambah lagi dengan jagung.

Bagi yang penasaran dengan Lodeh Sayur Campur, Rudy Choirudin berbagi resep dalam program Rasasayange yang ditayangkan MNCTV setiap Sabtu, pukul 08.00 WIB dan program Rudy dan Sahabat yang ditayangkan setiap Minggu, pukul 07.30 WIB. Berikut cara membuatnya. (Baca juga: Gulai Ikan Belanak Aroma Daun yang Nikmat Disajikan Selagi Panas ).

Bahan 1:
100 g tahu putih, potong dadu serasi, goreng ½ matang
100 g tempe, potong dadu serasi
100 g labu siam, potong dadu serasi
50 g melinjo
50 g daun melinjo
100 g kacang panjang potong
1 buah terung ukuran sedang potong dadu serasi
1 buah jagung, potong ½ lingkaran
4 buah cabe hijau
4 cabe merah, dirajang ½ bulat

Bahan 2:
8 buah bawang merah dirajang
4 siung bawang putih dirajang
6 sdm minyak goreng

Bahan 3:
750 ml / 3 gelas santan encer
1 saset Desaku Bubuk Lodeh
1 ½ sdt garam
1 sdm gula pasir
250 ml / 1 gelas santan kental

Cara membuat:
Panaskan 6 sdm minyak goreng, tumis bawang putih hingga kekuningan, kemudian masukkan bawang merah, tumis terus hingga harum dan mulai kekuningan.

Larutkan Desaku Bubuk Lodeh kedalam santan encer, aduk hingga rata dan masukkan kedalam tumisan. Tambahkan garam dan gula, aduk perlahan hingga bumbu lodeh larut dan mengembang, kemudian masak hingga mendidih.

Masukkan secara berurutan; jagung, melinjo, kacang panjang, tahu, tempe, labu siam, daun melinjo, terung dan cabe. Setelah bahan mulai matang dan menyerap masukkan santan kental, aduk kembali perlahan hingga santan mendidih kembali. Angkat lodeh, sajikan selagi hangat.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6200 seconds (0.1#10.140)