7 Film Indonesia yang Diangkat dari Kisah Nyata, Viral dan Sukses Raih Penghargaan

Selasa, 21 Mei 2024 - 10:10 WIB
loading...
7 Film Indonesia yang Diangkat dari Kisah Nyata, Viral dan Sukses Raih Penghargaan
Industri film Indonesia tak pernah kehabisan ide untuk menghasilkan karya-karya yang memukau. Salah satu sumber inspirasi yang sering digunakan ke dalam film yaitu peristiwa yang nyata terjadi. Foto/YouTube Cinépolis Indonesia
A A A
JAKARTA - Industri film Indonesia tak pernah kehabisan ide untuk menghasilkan karya-karya yang memukau di bioskop. Salah satu sumber inspirasi yang sering digunakan ke dalam film yaitu peristiwa yang nyata terjadi.

Film-film yang ceritanya diangkat dari kisah atau tokoh nyata selalu menarik perhatian para penggemar karena menggambarkan alur yang lebih realistis dengan kehidupan sehari-hari.

Berikut sederet film Indonesia yang diangkat dari kisah nyata, yang dirangkum pada Selasa (21/5/2024).


Film Indonesia yang Diangkat dari Kisah Nyata

1. Do You See What I See (2024)

Do You See What I See muncul sebagai film horor terbaru yang menarik perhatian para penggemar genre tersebut. Disutradarai oleh Awi Suryadi, film ini berdasarkan siniar "Do You See What I See Episode #64: First Love" yang ditulis oleh Mizter Popo. Diproduksi oleh MD Pictures dan Pichouse Films, film ini dibintangi oleh Shenina Cinnamon, Diandra Agatha, dan Yesaya Abraham.

Do You See What I See tayang perdana di bioskop pada 16 Mei 2024. Berkisah tentang Mawar, seorang mahasiswi yang tinggal di sebuah kos dekat kampusnya setelah kehilangan kedua orang tua. Kesepian sering menghantuinya, dan dia membagikan perasaannya kepada sang sahabat, Vey. Pada ulang tahunnya, Mawar berdoa agar mendapatkan kekasih yang bisa mencerahkan hari-harinya, dan doanya pun terkabul ketika ia bertemu dengan Restu.

Vey, sebagai sahabat setia, turut bersemangat mendengarkan cerita Mawar tentang Restu. Namun, kejadian aneh mulai menghampiri Mawar sejak kehadiran Restu. Kejadian mistis dan mengerikan mulai menghantui kos mereka. Suatu hari, Vey menemukan petunjuk bahwa semua kejadian itu terkait dengan pacar baru Mawar yang ternyata bukan manusia.

2. Vina: Sebelum 7 Hari (2024)

Film ini bergenre horor yang disutradarai oleh Anggy Umbara dan diproduksi oleh Dee Company. Film ini menghadirkan bintang-bintang seperti Nayla Denny Purnama, Lydia Kandou, dan Gisellma Firmansyah. Film ini memulai debutnya di bioskop Indonesia pada 8 Mei 2024.

Vina: Sebelum 7 Hari bercerita tentang pengalaman mengerikan yang dialami seorang gadis bernama Vina dan kekasihnya, Eky, yang ditemukan tewas dengan tubuh yang sudah hancur. Pada awalnya, keluarga mengira kematian mereka disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas. Namun, pihak kepolisian yang menangani kasus ini menemukan banyak kejanggalan dan memutuskan untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Enam hari pasca tragedi, seorang teman Vina mengundang keluarganya untuk bertemu di rumahnya. Namun, pertemuan itu berubah menjadi momen menegangkan ketika teman Vina tiba-tiba kerasukan.
Dalam keadaan seperti itu, jin yang masuk ke tubuh teman Vina, yaitu Linda, mengaku sebagai arwah Vina sendiri. Dengan tubuh yang telah dikuasainya, arwah Vina menceritakan secara detail kronologi kematian tragisnya dan Eky.

Menurut pengakuan arwah Vina, keduanya menjadi korban serangan brutal dari sebuah geng motor. Mereka diserang oleh 12 anggota geng motor tersebut hingga akhirnya berada di jalan layang Talun. Eky mengalami serangan yang sangat kejam, sementara Vina disiksa oleh semua anggota geng motor itu. Bahkan, Vina menjadi korban pemerkosaan yang dilakukan oleh pelaku.

Salah satu anggota geng motor, Egi, yang diam-diam mencintai Vina dan merasa iri pada hubungan asmara antara Vina dan Eky, akhirnya meluapkan dendamnya dengan melakukan tindakan nekat tersebut. Egi mengakhiri hidup keduanya sebagai bentuk balas dendam pribadi.

Baca Juga: Vina: Sebelum 7 Hari, Film dari Kisah Nyata yang Suarakan Keadilan

3. KKN di Desa Penari (2022)

Film ini mengisahkan sekelompok mahasiswa yang melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sebuah desa terpencil. Namun, apa yang seharusnya menjadi pengalaman belajar yang bermanfaat berubah menjadi mimpi buruk ketika mereka terlibat dalam misteri yang menyeramkan di desa tersebut. Para mahasiswa ini harus menghadapi berbagai kejadian supernatural yang mengancam nyawa mereka satu per satu.

Film ini diperankan oleh Tissa Biani, Adinda Thomas, Achmad Megantara, Aghniny Haque, Calvin Jeremy, dan Fajar Nugraha. Film ini sebenarnya telah direncanakan rilis pada 19 Maret 2020 dan 24 Februari 2022, namun kedua tanggal tersebut harus dibatalkan karena dampak pandemi Covid-19 yang meluas. Namun, setelah penantian panjang, KKN di Desa Penari akhirnya tiba di bioskop pada 2022.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1936 seconds (0.1#10.140)
pixels