alexametrics

5 Cara Atasi Gigi Berlubang ala Rumahan

loading...
5 Cara Atasi Gigi Berlubang ala Rumahan
Gigi berlubang menjadi salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi. Ada beberapa cara ala rumahan yang bisa mengatasi gigi berlubang. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Kerusakan gigi dan gigi berlubang adalah salah satu masalah kesehatan mulut paling umum di dunia dan setengah dari populasi dunia menderita karenanya. Paling sering masalah gigi ini terlihat pada anak-anak, remaja dan orang dewasa yang lebih tua.

Apa yang menyebabkan gigi berlubang? Gigi berlubang merupakan area yang rusak yang disebabkan bakteri Streptococcus mutans. Tumpukan makanan dan bakteri membentuk plak yang menyebabkan kerusakan pada enamel gigi yang menyebabkan erosi gigi. Erosi ini menyebabkan lubang di antara gigi, sekitar tambalan gigi yang terkelupas dan dekat dengan gusi.

Lubang gigi juga terjadi karena kurangnya kebersihan gigi, makanan yang menempel pada gigi, sering mengemil, mulut kering, dan lainnya. (Baca juga: 3 Masalah Kesehatan Gigi dan Mulut yang Kerap Dikeluhkan Orang).



Gejala paling umum dari kerusakan gigi dan gigi berlubang adalah sakit gigi, sensitivitas gigi, sakit ringan hingga tajam saat makan atau minum, dan lainnya. Seperti dilansir Boldsky, ada beberapa pengobatan alami yang bisa dicoba untuk menghilangkan gigi berlubang.

1. Cengkeh
Cengkeh digunakan untuk mengobati segala jenis masalah gigi, termasuk gigi berlubang. Ini mengandung bahan kimia yang disebut eugenol yang memiliki sifat anti-inflamasi, analgesik dan antibakteri yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan mencegah rongga menyebar.

Caranya; kunyah cengkeh dengan lembut untuk mengekstraksi minyaknya. Kemudian simpan cengkeh di bawah lidah selama beberapa menit.

2. Garam
Garam sangat baik untuk merawat gigi berlubang karena sifat antiseptik dan antibakterinya. Ini dapat mengurangi peradangan, meringankan rasa sakit, dan mencegah pertumbuhan bakteri di mulut.

Caranya, campurkan 1 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Kocok larutan ini di mulut selama 1 menit. Lakukan 3 kali sehari sampai gejala mereda.

3. Bawang putihBawang putih mengandung senyawa alami yang disebut allicin yang memiliki sifat antibakteri, antimikroba, dan antibiotik. Ini bertanggung jawab untuk merawat kerusakan gigi dan gigi berlubang. Selain itu, sifat antijamur dan antibakteri bawang putih membantu menghilangkan mikroba dan mengatasi rasa sakit.

Caranya, hancurkan 3 hingga 4 siung bawang putih dan ΒΌ sendok teh garam batu. Oleskan pada gigi yang terinfeksi. Diamkan selama 10 menit dan bilas. Lakukan ini dua kali sehari. (Baca juga: Pentingkah Kumur dengan Mouthwash Usai Sikat Gigi?).

4. Licorice

Akar licorice dapat membantu menjaga gigi tetap sehat dan dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab rongga. Akar licorice mengandung bahan kimia tumbuhan alami dan senyawa yang disebut trans-chalone yang menghalangi aksi enzim kunci Sortase A. Enzim ini memungkinkan bakteri untuk berkembang di rongga mulut.

Caranya, gunakan bubuk akar licorice kering untuk menyikat gigi setiap hari.

5. Kunyit

Kunyit mengandung bahan kimia alami yang disebut curcumin yang menunjukkan sifat antibakteri, antiinflamasi, dan antimikroba. Aktivitas antimikroba dari kurkumin menghambat aktivitas enzim Sortase A yang membantu bakteri Streptococcus mutans berkembang.

Caranya, oleskan bubuk kunyit pada gigi yang sakit. Diamkan selama beberapa menit sampai mengurangi rasa sakit.
(tdy)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak