Jelajahi Surga Kuliner Nusantara sekaligus Bangkitkan Semangat UMKM

Rabu, 22 Mei 2024 - 16:25 WIB
loading...
Jelajahi Surga Kuliner Nusantara sekaligus Bangkitkan Semangat UMKM
Foto: Doc. Istimewa
A A A
JAKARTA - Berbicara mengenai kuliner di Indonesia dari hiruk pikuk jajanan kaki lima hingga dapur rumahan yang sarat dengan harum rempah, kuliner Indonesia yang kaya akan rasa, budaya, dan tradisi terus dirayakan oleh para pecinta kuliner, termasuk di TikTok.

Mulai dari rekomendasi hidangan khas daerah, lokasi restoran terbaru untuk dikunjungi, hingga resep masakan praktis untuk dicoba bersama keluarga di rumah, komunitas pecinta kuliner datang ke TikTok untuk menemukan, berbagi, dan merayakan warisan kuliner Indonesia yang beragam.

Komunitas kuliner yang autentik dan penuh semangat ini menjadi alasan TikTok meluncurkan kampanye dan festival kuliner pertama bertajuk #FoodFestOnTikTok yang didukung oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Sebagai upaya serta mendorong potensi dari keragaman kuliner tersebut, untuk pertama kalinya di Indonesia, TikTok akan menghadirkan festival kuliner bertajuk #FoodFestOnTikTok yang akan berlangsung selama 25-26 Mei 2024 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Didukung oleh Pemprov DKI Jakarta, festival kuliner #FoodFestOnTikTok yang mengangkat tema "Rasa Nusantara" akan membawa kekayaan kuliner lokal yang biasa menyapa para pengguna di laman 'Untuk Anda' untuk dapat dicicipi langsung oleh para penikmat kuliner yang hadir.

Nikmati kuliner lokal sajian lebih dari 80 pelaku usaha kuliner dengan lebih dari 20 experience zone, penampilan musik dari Adrian Khalif (@adriankhalif), Stevan Pasaribu (@stevanpasaribu) dan Teddy Adhitya (@teddyadhitya_), serta bincang-bincang kuliner seru bersama kreator kuliner Ivyfeb (@ivyfeb) dan Mgdalena (@mgdalenafofficial).

Faris Mufid selaku Public Policy and Government Relations, TikTok Indonesia mengatakan selain menyediakan tempat untuk mempertemukan komunitas kuliner, Pemprov DKI Jakarta juga akan membawa 30 UMKM kuliner binaannya untuk menyajikan hidangan lezat mereka di #FoodFestOnTikTok.

“Alhamdulilah Tiktok dipercaya jadi tempat berbagi info mengenai kuliner yang punya potensi untuk mengangkat umkm atau pebisnis kuliner yang sedang berkembang. Lewat platform ini bisa saling berbagi konten kreatif yang berdampak pada ekosistem yang saling mendapatkan benefit terutama untuk industri kuliner umkm dimana bisnis mereka semakin dikenal dan buat masyarakat jadi referensi mencari kuliner baru,”ujar Faris Mufid dalam jumpa pers zoom meet #FoodFestOnTikTok, Rabu (22/5/2024)

Faris mengungkapkan setiap hari, komunitas dan kreator pecinta kuliner berbagi cerita, ide, dan inspirasi tentang masakan lokal secara kreatif di TikTok. Dari mulai jajanan hidden gem hingga tutorial memasak, masyarakat dapat menjelajahi konten kuliner dari seluruh Indonesia lewat laman Untuk Anda (FYP).

“Banyak usaha kuliner lokal, termasuk UMKM, yang juga ikut ditemukan berkat interaksi aktif yang terjalin antara kreator dan pengguna di dalam platform kami. Kampanye #FoodFestOnTikTok menjadi cara kami untuk merayakan kuliner nusantara yang kaya bersama komunitas TikTok di Indonesia," jelas Faris Mufid.

Sejalan dengan misi Pemprov DKI untuk mendukung program-program yang dapat menunjang pariwisata dan memberdayakan UMKM, kami bersemangat untuk membawa 30 UMKM kuliner binaan kami dalam festival jajanan #FoodFestOnTikTok.

Badia Raja H. Siregar selaku Subkoordinator Urusan Perdagangan Luar Negeri Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta mengungkapkan bahwa platform digital seperti Tiktok tak bisa dipungkiri begitu berdampak pada pertumbuhan industri kuliner terlihat dari adanya tren makanan viral yang akan di buru masyarakat yang tentu akan berdampak pada penjualan pelaku industri kuliner tersebut yang akan meningkatkan promosi bisnis usaha kuliner mereka
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1112 seconds (0.1#10.140)
pixels