Tips Agar Tak Panik Kehabisan Tiket Kereta Api Mudik Lebaran

Jum'at, 01 Maret 2019 - 15:30 WIB
Tips Agar Tak Panik Kehabisan Tiket Kereta Api Mudik Lebaran
Tips Agar Tak Panik Kehabisan Tiket Kereta Api Mudik Lebaran
A A A
JAKARTA - Tiket kereta api untuk mudik Lebaran 2019 sudah dibuka dan seperti tahun-tahun sebelumnya, selalu habis begitu pemesanan online dibuka. Namun, Anda tak perlu panik kehabisan tiket.

Mudik menggunakan kereta memang menjadi salah satu pilihan favorit dari tahun ke tahun. Karena hal itu juga, tiket kereta periode Mudik Lebaran biasanya habis dalam waktu kurang dari 10 menit sejak pemesanan tiket dibuka, khususnya pada tanggal pertama periode cuti bersama hingga H-3 atau H-2 sebelum Lebaran.

"Kami memprediksi arus mudik Lebaran tahun 2019 ini akan ramai mulai hari Rabu, tanggal 29 Mei. Prediksi ini muncul karena hari Kamis, tanggal 30 Mei merupakan tanggal merah sehingga masyarakat yang ingin menikmati libur lebih panjang bisa memanfaatkan cuti di hari Jumat atau tanggal 31 Mei," kata Ryan Kartawidjaja, selaku Head of Business Development & Strategic Marketing Pegipegi.

Agar tidak kehabisan tiket kereta Lebaran, simak tips berikut ini, berdasarkan keterangan pers yang diterima Sindonews.

1. Tentukan tanggal keberangkatan atau kepulangan mudik dari sekarang, lalu cek kapan penjualan tiket tersebut akan dibuka. Pastikan membeli tiket kereta melalui Online Travel Agent (OTA) untuk memudahkan Anda saat melakukan pemesanan.

2. Pastikan juga koneksi internet mumpuni untuk membeli tiket tengah malam dan persiapkan diri untuk membuka aplikasi pemesanan tiket sejak 10 menit sebelum tiket dibuka. Anda perlu tahu bahwa jadwal kereta akan diupdate pada pukul 00.01 WIB.

3. Gunakan metode pembayaran yang masuk ke dalam kategori pembayaran cepat, seperti kartu kredit atau internet banking untuk memudahkan transaksi di tengah malam.

4. Jika masih belum kebagian tiket pada pemesanan pertama, Anda bisa mencobanya lagi sekitar 30 menit hingga 2 jam kemudian. Biasanya, beberapa tiket kereta yang sudah berhasil dipesan namun tidak berhasil dibayar (misalnya karena batas waktu pembayaran berakhir) akan tersedia kembali dan bisa dipesan. Selain itu, lakukan juga pengecekan secara berkala pada aplikasi pemesanan tiket kereta untuk kemungkinan tiket kereta penumpang lain yang dibatalkan.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0099 seconds (0.1#10.140)