Diguyur Hujan, Hari Pertama Java Jazz Festival Tetap Meriah

Minggu, 03 Maret 2019 - 07:00 WIB
Diguyur Hujan, Hari Pertama Java Jazz Festival Tetap Meriah
Diguyur Hujan, Hari Pertama Java Jazz Festival Tetap Meriah
A A A
JAKARTA - Ajang festival musik jazz tahunan Jakarta International BNI Java Jazz Festival (BNI JJF) Ke-15 resmi dimulai kemarin. Meski diguyur hujan, panggung terbuka di area Kompleks JIExpo, Kemayoran, Jakarta, tetap dipadati penonton.

Kemeriahan juga terlihat di panggung utama Hall D2 yang menampilkan penyanyi internasional Gabriella "Gabi" Wilson atau dikenal dengan H.E.R (Having Everything Revealed). Musisi berusia 21 tahun ini menjadi salah satu penampil yang paling dinanti di Java Jazz Festival kali ini.

Maklum, penyanyi berdarah Filipina dan Afro-Amerika itu baru saja memenangi penghargaan Grammy Awards 2019 untuk kategori penghargaan Best R&B Performance dan Best R&B Album. Pada penampilan perdananya di Indonesia, H.E.R mampu memberikan suguhan menarik. Ini terlihat saat dia membawakan Say It Again yang disambut penonton dengan merangsek ke depan panggung.

Lagu Gone Away yang menjadi lagu duet dengan Daniel Caesar pun dibawakan cukup apik dan sukses membuat penonton ikut bernyanyi bersama. Beberapa di antaranya bahkan merekam aksi H.E.R dengan kamera ponsel. "Kita kadang merasa semua seakan baik saja atau kita punya satu teman yang selalu terlihat kuat dan selalu positif, namun kalian tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi atau yang dirasakan olehnya, jadi tolong periksa temanmu," celoteh H.E.R disambut riuh teriakan penonton.

Selepas itu, beberapa lagu hitsnya seperti Focus, U, dan Changes pun meluncur menghangatkan suasana. Tidak lupa, dia juga beberapa kali menunjukkan aksi bermain alat musik gitar elektrik dan keyboard. Di akhir penampilannya, H.E.R berucap terima kasih kepada para penonton. "Terima kasih Jakarta, aku mencintai kalian semua malam ini. Terima kasih untuk support dan antusiasme kalian di atas panggung. Aku akan kembali lagi ke sini suatu saat," katanya.

Java Jazz Festival kali ini menampilkan ratusan musisi dari dalam dan luar negeri. Mereka menggunakan 11 panggung selama tiga hari dari kemarin hingga besok (Minggu, 3/3). Sebelumnya pada sore hari penyanyi muda bertalenta Rizky Febian tampil membuka festival ini. Dia tampak bersemangat dalam penampilan perdana di panggung Java Jazz. "Selamat sore semua, apa kabar? Ini pertama kalinya penampilan saya di stage besar seperti Java Jazz ini," kata Rizky Febian, menyapa penggemarnya.

Selain membawakan lagu-lagu jazz populer, Rizky juga membawakan lagu barunya dari album "Jejak". Putra dari komedian Sule ini juga menceritakan proses pembuatan lagunya. Rizky menuturkan, salah satu lagu yang dia buat adalah soal cara menghargai relasi. "Di sini masih ada yang ragu sama pasangannya?" tanyanya.

Menariknya, ada lagu yang mengantarkan Rizky ke Java Jazz. Menurut dia, lagu yang begitu menyentuh hati itu berjudul Cukup Tahu. Dia membawakan dengan aransemen berbeda yang membuat penonton ikut bernyanyi dan berjoget. Walaupun area penonton makin basah, tak menghalangi antusias penikmat musik menyaksikan aksi Rizky tetap memenuhi panggung outdoor. Mereka mengenakan topi dan payung, ada juga yang tidak memedulikan rintik-rintik hujan.

Aksi panggung lain yang menyedot perhatian adalah saat musisi Addie MS bersama Twilite Orchestranya tampil berkolaborasi dengan pianis Bob James dan penyanyi solo Lea Simanjuntak. Lea melantunkan sejumlah komposisi karya Gershwin, komponis asal Amerika Serikat (AS) yang dikenal di era 1920-an.

Pada hari pertama kemarin, penonton juga menikmati suguhan penampilan dari sederet musisi mulai dari Barry Likumahuwa tribute to Roy Hargrove, Ardhito Pramono, Mantra Vutura, dan Kunto Aji. Ada pula grup akustik DIAA dan penyanyi muda Hanin Dhiya, Afgan, Dewa Budjana feat Soimah dan Mohini Dey, HIVI!, The Groove, dan Dira Sugandi.

Pada gelaran Java Jazz Festival hari kedua Sabtu (2/3), sejumlah musisi dijadwalkan tampil di antaranya Yura Yunita, Andien, Randy Pandugo, Band Sore, Arsy Widianto, dan Sheryl Shenafia. Selain itu, berbagai kolaborasi spesial antarmusisi mulai dari BNI Music Project diiringi Ron King Horn section, MLD Spesial Collaboration, Yamaha Music Project juga akan memeriahkan pesta ini. Adapun di hari terakhir, Minggu (3/3) Java Jazz Festival akan menampilkan special show yakni band legendaris TOTO.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0714 seconds (0.1#10.140)