Ilmuwan China Ciptakan Virus Mematikan, Bisa Membunuh dalam 3 Hari

Senin, 27 Mei 2024 - 09:30 WIB
loading...
Ilmuwan China Ciptakan Virus Mematikan, Bisa Membunuh dalam 3 Hari
Ilmuwan China telah menciptakan virus yang dapat membunuh seseorang dalam tiga hari. Penelitian di Hebei Medical University ini menggunakan virus sintetis. Foto/ET CFO
A A A
JAKARTA - Ilmuwan China telah menciptakan virus yang dapat membunuh seseorang dalam tiga hari. Penelitian yang dilakukan di Hebei Medical University ini menggunakan virus sintetis untuk mensimulasikan virus Ebola yang mematikan dalam upaya untuk mendapatkan pemahaman lebih dalam tentang patogen tersebut.

Dilansir dari Times of India, Senin (27/5/2024), studi ini mengklarifikasi kemungkinan keuntungan dan bahaya dari eksperimen tersebut dan dipublikasikan di Science Direct.

Para peneliti di Universitas Kedokteran Hebei melakukan penelitian kontroversial untuk merekayasa virus menggunakan komponen virus Ebola yang mematikan. Mereka bertujuan untuk menyelidiki perkembangan dan gejala penyakit ini dengan menggunakan model yang dapat meniru dampak Ebola pada tubuh manusia.

Tim menggunakan virus yang dikenal sebagai virus stomatitis vesikuler (VSV), yang mereka modifikasi untuk membawa glikoprotein (GP) dari virus Ebola. Protein ini sangat penting bagi virus untuk masuk dan menginfeksi sel inang.



Para ilmuwan melakukan percobaan pada sekelompok hamster Suriah, termasuk lima betina dan lima jantan. Setelah disuntik dengan virus yang direkayasa, hamster tersebut mengalami gejala parah yang mirip dengan pasien Ebola pada manusia.

Gejala-gejala ini termasuk penyakit sistemik dan kegagalan multi-organ, yang menyebabkan kematian hewan dalam waktu tiga hari. Beberapa hamster juga memperlihatkan sekret pada matanya, sehingga mengganggu penglihatannya, sebuah gejala yang terkait dengan gangguan saraf optik yang terlihat pada pasien Penyakit virus Ebola (EVD).

Salah satu motivasi utama di balik penelitian ini adalah untuk membuat model hewan yang meniru gejala Ebola dengan aman tanpa memerlukan fasilitas Keamanan Hayati Tingkat 4 (BSL-4). Penelitian Ebola memerlukan laboratorium yang sangat aman, namun sebagian besar fasilitas global hanya memenuhi standar BSL-2.

Dengan menggunakan VSV yang direkayasa dengan Ebola GP, para peneliti menciptakan model yang dapat dipelajari di lingkungan dengan keamanan lebih rendah. Terobosan ini memungkinkan penelitian yang lebih luas dan mudah diakses mengenai Ebola dan pengobatan potensialnya.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3219 seconds (0.1#10.140)
pixels