alexametrics

Tingkatkan Kesadaran Wanita terhadap Kanker Serviks lewat #IAmTrulyWoman

loading...
Tingkatkan Kesadaran Wanita terhadap Kanker Serviks lewat #IAmTrulyWoman
KICKS dan Diera Bachir bersama Plaza Indonesia peringati Hari Wanita International dengan menggelar pameran foto #IAmTrulyWoman. / Foto: SINDOnews/Diana Rafikasari
A+ A-
JAKARTA - Memperingati Hari Wanita Internasional, Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS) berkolaborasi dengan fotografer dan penggiat isu perempuan, Diera Bachir serta Plaza Indonesia menggelar pameran foto bertajuk #IAmTrulyWoman. Pameran foto yang berlangsung selama 8-15 Maret ini terletak di Level 4 Atrium Plaza Indonesia Extension, Jakarta.

Pameran foto #IAmTrulyWoman ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran perempuan Indonesia akan pentingnya melindungi diri, khususnya dalam pencegahan kanker serviks. Data terbaru dari GLOBOCAN 2018 menunjukkan, kasus baru kanker serviks di Indonesia mencapai 32.469 kasus atau 17,2 persen dari presentase kanker perempuan di Indonesia.

Bahkan, kematian akibat kanker serviks mencapai 18.279 per tahun atau sebanyak 50 perempuan Indonesia meninggal setiap harinya akibat kanker yang sebenarnya bisa dicegah dengan vaksinasi HPV ini. Angka tersebut juga meningkat drastis dibandingkan data yang dirilis GLOBOCAN sebelumnya di 2012, yaitu 26 perempuan meninggal dunia setiap harinya karena kanker serviks. Tingginya angka tersebut menunjukkan bahwa kesadaran perempuan Indonesia dalam upaya pencegahan kanker serviks masih sangat minim.



"Bertepatan dengan International Women’s Day 2019, KICKS kali ini menggagas pameran foto dengan tema #IAmTrulyWoman. Adapun pesan yang ingin kami sampaikan dari tema ini adalah karena peran perempuan sangatlah penting dalam sebuah kehidupan, maka perempuan Indonesia harus bisa melindungi diri dan menjaga kesehatannya, khususnya dalam pencegahan kanker serviks dengan vaksinasi HPV dan deteksi dini," jelas dr. Venita, MSc, perwakilan dari Yayasan Kanker Indonesia DKI Jakarta dan juga bagian dari KICKS.

Didukung 28 tokoh perempuan Indonesia yang terdiri dari aktris, penyanyi, desainer hingga fashion influencers, pameran foto ini menjadi salah satu dari upaya advokasi KICKS yang telah berjalan sejak 2017 atas respons terhadap situasi kanker serviks yang semakin mengkhawatirkan di Indonesia dan mengancam kehidupan perempuan. Adapun ke-28 tokoh perempuan Indonesia yang terlibat di antaranya Duta Cegah Kanker Serviks yakni Prilly Latuconsina, Melly Goeslaw, Syifa Hadju, Sarwendah dan Wulan Guritno.

Sejumlah selebritas Tanah Air juga tak lupa terlibat dalam kegiatan ini, seperti Cinta Laura Kiehl, Chacha Frederica, Chelsea Olivia, Gisella Anastasia, Jessica Iskandar, Jessica Mila, Luna Maya, Nagita Slavina, Nia Ramadhani Bakrie, Olla Ramlan Aufar, Putri Marino, Ririn Dwi Ariyanti, Rossa, Tasya Kamila, Tatjana Saphira, Titi DJ dan Yuki Kato. Desainer dan anak seperti Ghea Panggabean, Amanda Soekasah dan Janna Soekasah-Joesoef serta para influencers yakni Anaz Siantar, Sonia Eryka dan Kallula.

"Merupakan sebuah kesempatan yang luar biasa bagi KICKS untuk dapat berkolaborasi dengan fotografer yang juga peduli akan kesehatan perempuan, Diera Bachir serta didukung oleh 28 tokoh perempuan Indonesia yang sangat inspiratif. Kami harap, melalui karya seni fotografi ini, pesan kami dapat tersampaikan sehingga perempuan Indonesia dapat tergerak untuk segera melindungi dirinya dari kanker serviks melalui vaksinasi HPV atau deteksi dini," ujar dr. Venita.

Ditemui pada kesempatan yang sama, Diera Bachir turut membagikan pendapatnya atas pameran foto #IAmTrulyWoman ini. "Saya sangat senang dapat bersama-sama KICKS menghadirkan karya yang tidak hanya memiliki nilai seni, tetapi juga memiliki sebuah tujuan yang positif," ujarnya.

"Sebagai seorang fotografer, saya selalu ingin menyampaikan sebuah cerita, sehingga melalui pameran ini, saya ingin menyampaikan pentingnya peran seorang perempuan dalam kehidupan bagi dirinya maupun lingkungan sekitarnya."

"Melalui karya saya dan pameran foto #IAmTrulyWoman ini, saya berharap perempuan Indonesia semakin menyadari bahwa menjaga kesehatan sangatlah penting. Semoga perempuan-perempuan Indonesia semakin sehat sehingga dapat terus berkarya dan membawa manfaat positif bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat sekitarnya," kata Diera lagi.

Selain pameran foto, KICKS juga membuka booth edukasi, di mana pengunjung Plaza Indonesia bisa mendapatkan informasi mengenai kanker serviks dan mendapatkan pelayanan vaksinasi HPV. Pengunjung juga dapat memaksimalkan kehadiran booth edukasi ini untuk bertanya langsung atau berkonsultasi seputar kanker serviks dengan dokter dari In Harmony Clinic.
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak