Kampanye 'Optimism Your Feed' Suarakan Optimisme di Media Sosial lewat Konten yang Positif

Rabu, 29 Mei 2024 - 20:02 WIB
loading...
Kampanye Optimism Your Feed Suarakan Optimisme di Media Sosial lewat Konten yang Positif
LG meluncurkan kampanye global bertajuk Optimism Your Feed dalam rangka menyebarkan optimisme di media sosial. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - LG Electronics (LG) meluncurkan kampanye global bertajuk “Optimism Your Feed” dalam rangka menyebarkan optimisme di media sosial. Dalam kampanye ini, para pengguna media sosial diajak untuk terlibat dalam mendorong konten positif dan inspiratif yang muncul pada homepage atau feed media sosial mereka.

Kim Hyo-eun, Vice President and Head of LG’s Brand Management Division mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk mengembalikan rasa optimisme ke dalam hidup masyarakat melalui kegiatan positif, baik secara online maupun offline.

"Di era AI, LG tetap teguh pada janji kami untuk menciptakan kehidupan yang baik, sejalan dengan moto Life’s Good kami. Kami akan meningkatkan kehidupan pelanggan dengan menerapkan pendekatan yang manusia sentris serta menumbuhkan harapan yang lebih baik untuk masa depan," ujarnya, Rabu (29/5/2024).

Survei global terbaru LG menunjukkan bahwa media sosial kini tak hanya digunakan untuk mencari hiburan, informasi, dan terhubung dengan kerabat dan keluarga, tetapi juga menjadi sumber kecemasan banyak masyarakat.

Menurut survei tersebut, hampir separuh responden (45 persen) mengatakan bahwa jumlah konten negatif pada feed media sosial mereka sama dengan atau lebih banyak dibandingkan konten positif. Satu dari empat responden (28 persen) menyatakan bahwa konten negatif di media sosial mereka sering meningkatkan rasa kecemasan.

Sementara satu dari lima (20 persen) responden bahkan menyebutkan bahwa konten negatif menimbulkan rasa tidak bahagia.

Lebih lanjut, survei ini menunjukkan bahwa algoritme sering membawa netizen ke arus percakapan yang lebih negatif dan cenderung niche.

Survei global ini bertujuan untuk memahami cara kerja algoritme dan memicu perputaran konten positif di laman feed netizen.

Dari survei tersebut, LG kemudian menciptakan playlist 'optimism your feed' yang terdiri dari konten original yang dapat ditonton masyarakat sehingga secara tidak langsung mengubah algoritme agar mendorong konten yang lebih optimis ke dalam feed .

Playlist 'optimism your feed' merupakan bagian dari kampanye global Life’s Good LG yang diluncurkan tahun lalu untuk menginspirasi dan mendorong masyarakat menjalani hidup dengan sikap optimis.

Dalam kampanye ini, LG juga berkolaborasi dengan berbagai influencer TikTok internasional seperti Tina Choi, Victoria Browne, Josh Harmon, dan masih banyak lagi untuk membuat lebih dari 20 video pendek yang motivasional, menyenangkan, serta menumbuhkan rasa senang.

Selain itu, LG berkonsultasi dengan berbagai pakar media sosial, salah satunya Profesor Casey Fiesler yang merupakan information scientist dan technology ethicist dengan gelar PhD di bidang Human Centered Computing.

Profesor Fiesler melakukan riset dan mengajar di bidang etika teknologi, kebijakan internet, dan komunitas online, serta menerbitkan buku mengenai social media content moderation dan recommender systems. Profesor Fiesler juga seorang content creator yang aktif mengedukasi masyarakat tentang berbagai topik tersebut.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1025 seconds (0.1#10.140)
pixels