alexametrics

7 Selebritas KPop yang Terlibat Skandal dan Kontroversi

loading...
7 Selebritas KPop yang Terlibat Skandal dan Kontroversi
Tak hanya Seungri mantan BigBang dan Jung Joon Young yang menjadi selebritas Korea yang terlibat skandal. Ada selebritas lain yang menghadapi hal yang serupa. (Strait Times)
A+ A-
SEOUL - Skandal penyediaan jasa prostitusi kepada mitra bisnis di klub Burning Sun membuat personel BigBang, Seungri, menghadapi penyelidikan polisi. Penyelidikan itu akhirnya membuatnya mundur sebagai anggota BigBang dan pensiun dari dunia hiburan seluruhnya. Agensi yang menaunginya, YG Entertainment, telah mengonfirmasi dan menyetujui pengunduran diri Seungri sekaligus mengakhiri kontrak eksklusifnya.

Skandal itu akhirnya meluas dan mencuatkan kasus skandal seks selebritas lainnya. Polisi yang menyelidiki kasus Seungri itu dilaporkan menemukan video rekaman adegan seks selebritas Jung Joon Young di chat group yang diikuti Seungri. Joon Young akhirnya meminta maaf dan mengakui kalau dirinya telah merekam adegan seks dengan setidaknya 10 wanita tanpa izin mereka. Joon Young juga mengundurkan diri dari dunia hiburan untuk mengikuti prosedur pemeriksaan polisi terkait kasus tersebut.

Dikutip dari E! Online, bukan kali ini saja selebritas Korea terlibat skandal besar. Sebelum skandal Seungri dan Joon Young, ada sejumlah selebritas yang harus menghadapi pemeriksaan polisi terkait kasus kriminal yang melibatkan mereka.



1. Kim Dahee GLAM
Kim Dahee dan model Lee Ji Yeon divonis penjara setelah terbukti mengancam aktor Lee Byung Hun. “(Kedua wanita) itu bersalah atas dakwaan terhadap mereka. Namun, tak satupun dari mereka punya catatan kejahatan dan situasinya tidak mendukung. Videonya tidak dirilis ke publik dan kejahatannya tidak benar-benar direnungkan, atau pun mereka tidak memperlihatkan kalau mereka tahu beratnya kejahatan mereka. Meskipun terdakwa menyerahkan surat permintan maaf, mereka tidak memperlihatkan ketulusan dalam permintaan maaf atas perilaku mereka dalam kaitannya dengan korban. Karena dakwaan itu, mustahil bagi mereka untuk menghindari penjara,” papar Departemen Kehakiman.

2. Kim Hyun Joong
Penyanyi dan aktor Kim Hyun Joong dijatuhi denda karena menyerang mantan pacarnya. Sementara Hyun Joong mengklaim dirinya tidak sengaja melukai pacarnya itu ketika sedang mencoba teknik seni bela diri, dia kemudian mengeluarkan surat permintaan maaf. “Saya menyebabkan banyak orang khawatir dan prihatin. Saya tidak tahu dari mana harus memulai meminta maaf dan ampunan. Dari sini, saya akan hidup dan menunjukkan kepada kalian kalau saya hanyalah manusia biasa, bukan mengatakan kalau saya akan memperbaikinya dengan akting atau musik yang lebih baik,” ujar Hyun Joong.

3. Kangin Super Junior
Pada 2016, personel Super Junior ini didenda USD6.420 karena mengendari mobol dalam keadaan mabuk. “Terdakwa awalnya didenda karena pelanggaran yang sama dan kemudian menyebabkan kecelakaan dan kabur. Jadi, sepertinya dia layak mendapatkan hukuman berat. Namun, kecelakaan itu tidak menyebabkan korban, hanya kerusakan properti, dan terdakwa sepertinya menyesali perbuatannya,” papar Pengadilan Distrik Pusat Seoul.

4. Park Bom 2NE1

Pada 2014, Park Bom—yang saat itu adalah vokalis 2NE1 yang sekarang sudah bubar—dikabarkan berusaha menyelundupkan 82 kapsul amphetamine dari Amerika Serikat ke Korea Selatan. Insiden itu kemudian berlalu tanpa vonis, tapi Park Bom menjadi lebih pendiam sejak skandal tersebut. “Saya tidak akan merasa tidak adil berada di situasi ini hanya karena saya terkena kasus narkoba hanya sekali. Saya tidak pernah memakai narkoba. Saya diperiksa, tapi dibebaskan,” ujar Park Bom.

5. Kwanjin N.Flying

Menurut Billboard, band ini menghadapi kecaman setelah basis mereka, Kwangjin, menjadi pusat kontroversi sejumlah tudingan, termasuk pelecehan seksual, menjelek-jelekkan rekan satu bandnya dan mengencani salah satu penggemarnya. Sementara Kwanjin dan pengacaranya membantah sebagian besar tuduhan itu, Kwanjin mengakui telah mengencani penggemarnya dan memilih mundur dari band itu secara permanen. Band asuhan FNC Entertainment itu kemudian bangkit lagi dengan musik baru termasuk single Rooftop.

6. Seungri Big Bang
Dua hari yang lalu, Seungri mengumumkan pengunduran dirinya dari industri hiburan setelah polisi menjatuhkan status tersangka kepadanya atas tuduhan penyediaan layanan seksual. Dia membantah tuduhan itu, tapi menegaskan akan mengikuti prosedur pemeriksaan demi membersihkan namanya. “Saya memutuskan untuk mundur dari industri hiburan karena kontroversi sosial yang besar yang telah muncul. Saya diperiksa, dan saya akan menjalani pemeriksaan secara jujur sehingga kecurigaan itu bisa terungkap. Selama 1,5 bulan terakhir, saya menerima kritikan dan kebencian dari publik dan telah berada dalam situasi di mana tiap badan penyidikan di negara ini menginvestigasi saya. Saya tidak menerima telah menyebabkan rasa sakit kepada mereka yang berada di sekitar saya demi saya,” papar Seungri dalam sebuah unggahan di Instagram.

7. Jung Joon-Young

Jung Joon Young—penyanyi, penulis lagu, DJ dan bintang televisi ini—mengaku menjadi bagian dari group chat di mana para anggotanya membagikan rekaman wanita dari kamera tersembunyi yang ilegal. Dia mengaku perbuatannya, meminta maaf dan mengundurkan diri dari dunia hiburan. “Saya meminta maaf kepada semua wanita yang mengalami penderitaan besar akibat tindakan saya, kepada banyak orang yang lebih marah dan bukan kecewa, dan kepada banyak orang membuat saya menjadi figur publik dan mendukung saya. Saya secara jujur akan mengikuti investigasi yang akan dimulai pada 14 Maret (besok) pagi dan saya akan menerima hukuman atas tindakan saya,” ujar Joon Young dalam pernyataannya.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak