alexametrics

Cegah Kanker Serviks, KICKS Vaksinasi Cinta Laura dan Yuki Kato

loading...
Cegah Kanker Serviks, KICKS Vaksinasi Cinta Laura dan Yuki Kato
KICKS memberi vaksinasi HPV kepada Cinta Laura dan Yuki Kato guna menjadi contoh bagi masyarakat untuk memerangi kanker serviks yang semakin mengkhawatirkan. Foto/SINDOnews/Diana Rafikasari.
A+ A-
JAKARTA - Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS) memberikan vaksinasi HPV sebagai pencegahan primer kepada Cinta Laura dan Yuki Kato. Hal ini dilakukan dalam upaya mengajak masyarakat, khususnya perempuan untuk tergerak dan segera melindungi diri dari kanker serviks dengan melakukan vaksinasi HPV.

Pemberian dan ajakan untuk vaksinasi ini menjadi rangkaian kegiatan pameran foto #IAmTrulyWoman terkait dengan kondisi kanker serviks di Indonesia yang semakin mengkhawatirkan. Data GLOBOCAN 2018 menunjukkan kematian akibat kanker serviks mencapai 18.279 per tahun. Artinya sebanyak 50 perempuan Indonesia meninggal setiap harinya karena penyakit ini.

Tingginya angka tersebut menunjukkan bahwa kurangnya upaya pencegahan dan kesadaran masyarakat untuk melakukan pencegahan sejak dini.



"Banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui bahwa kanker serviks adalah satu-satunya kanker yang dapat dicegah, yaitu dengan melakukan vaksinasi HPV. Dengan menunjukkan secara langsung pemberian vaksinasi HPV ini kepada kedua tokoh yang dikenal baik oleh masyarakat ini, diharapkan dapat menjangkau lebih banyak lagi perempuan Indonesia untuk tersadar akan pentingnya melakukan tindakan nyata dengan sergera melakukan pencegahan vaksinasi HPV dan deteksi dini," kata dr. Venita Eng, MSc, perwakilan dari YKI DKI di Plaza Indonesia, Jakarta.

Data WHO pada September 2016 menunjukan 67 negara, termasuk Australia, Malaysia, dan Thailand telah mengimplementasikan program vaksinasi HPV dan nyatanya, di Australia, dalam empat hingga lima tahun pertama setelah program vaksinasi HPV dimulai, infeksi HPV menurun 77% pada usia 18-24 tahun.

Selain melindungi kanker serviks, vaksinasi HPV juga dapat melindungi dari berbagai macam penyakit lainnya yang disebabkan oleh virus HPV, seperti kutil kelamin, kanker vulva dan vagina, kanker mulut dan tenggorokan, kanker anus serta pada laki-laki dapat menyebabkan kanker penis. (Baca juga: Tips Menjaga Kebersihan Area Miss V).

“Kanker serviks banyak ditemukan pada perempuan usia produktif dan dari keseluruhan kasus kanker serviks baru yang ditemukan di Indonesia, diketahui lebih dari 70% sudah pada stadium lanjut. Pada kondisi ini, pengobatan menjadi lebih sulit, lebih mahal serta tingkat keberhasilan juga menurun. Oleh karenanya, saya sangat menghimbau untuk para perempuan segeralah lindungi diri dari kanker serviks dengan vaksinasi HPV dan deteksi dini karena pencegahan jauh lebih baik serta lebih mudah daripada pengobatan,” tambah dr. Venita.

Pada kesempatan yang sama, Cinta Laura mengungkapkan pentingnya menjaga kesehatan. Untuk memastikan hal tersebut, dikatakan Cinta harus melakukan hal baik agar tetap sehat dan produktif.

"Maka dari itu, saya berani untuk mengambil langkah ini dan bersama KICKS menunjukkan tindakan nyata pencegahan kanker serviks dengan melakukan vaksinasi HPV. Saya mengajak perempuan lainnya dapat tergerak untuk segera melakukan upaya yang sama sehingga mimpi dan harapan kalian tidak terhenti hanya karena penyakit yang sebenarnya dapat dicegah ini," kata Cinta Laura.

Senada dengan Cinta, Yuki Kato, Selebriti, yang turut hadir dan melakukan sesi vaksinasi HPV bersama KICKS mengungkapkan, perempuan saat ini dapat memiliki peran dan menjadi apapun yang mereka inginkan. Dirinya pun sadar akan perlunya sebagai perempuan yang aktif untuk dapat memiliki kontrol penuh akan kesehatannya. (Baca juga: Penderita Meningkat, Kampanye Cegah Penyakit Ginjal Digiatkan).

"Sesi vaksinasi HPV hari ini bersama KICKS merupakan salah satu upaya saya dalam menjaga hal tersebut. Saya harap, langkah yang saya ambil hari ini bersama KICKS dapat menggerakan perempuan lainnya untuk segera melakukan vaksinasi HPV dan melindungi diri dari bahaya kanker serviks, karena mencegah lebih baik daripada mengobati," ungkap Yuki Kato.

Pemberian vaksinasi HPV kepada Cinta Laura dan Yuki Kato ini sendiri dilakukan di dalam area pameran foto #IAmTrulyWoman yang digagas oleh KICKS berkolaborasi dengan Diera Bachir dan didukung penuh oleh Plaza Indonesia. Pameran foto #IAmTrulyWoman dapat dikunjungi dari tanggal 8-15 Maret 2019 di Atrium Level 4, Plaza Indonesia Extension. Selama pameran berlangsung, KICKS juga membuka booth edukasi yang terletak di lantai yang sama di mana para pengunjung Plaza Indonesia bisa mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kanker serviks serta layanan vaksinasi HPV di tempat.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak