alexametrics

4 Mitos Menstruasi yang Tak Perlu Dipercaya

loading...
4 Mitos Menstruasi yang Tak Perlu Dipercaya
Saat datang bulan atau menstruasi, sebagian wanita percaya untuk tidak keramas, mengonsumsi minuman dingin hingga tidak tidur siang. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Saat datang bulan atau menstruasi, sebagian wanita memilih untuk tidak keramas, tidak mengonsumsi minuman dingin hingga tidak tidur siang. Hal tersebut dipercaya mempengaruhi menstruasi hingga menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan, benarkah?

Aesthetic gynaecologist, dr Dinda Derdameisya Sp.OG mengatakan tidak minum dingin atau tak tidur siang saat menstruasi hanyalah mitos. Dinda mengaku hingga saat ini masih banyak mitos di masyarakat yang dipercayai wanita Indonesia.

"Mitos. Nggak boleh tidur siang, nggak boleh keramas, nggak boleh minum es, itu semua mitos. Kalau minum es itu pengaruhnya ke sistem pencernaan, sedangkan menstruasi sistem reproduksi wanita. Tidur siang, darahnya naik. Nggak bener. Nggak boleh makan nanas, itu juga nggak. Nggak ada hubungannya sama menstruasi," kata dr Dinda saat peluncuran Andalan Feminine Care Intimate Wash.



Berikut ini mitos terkait menstruasi yang ada di masyarakat dan sebaiknya tidak dipercaya. Berikut ulasannya. (Baca juga: Flu Berkaitan dengan Peningkatan Risiko Stroke dan Arteri yang Pecah).

1. Minum dingin sebabkan darah haid membeku
Mengonsumsi minunan dingin saat menstruasi diyakini menyebabkan darah membeku dan dinding rahim mengeras. Namun, hal tersebut hanya mitos. Pasalnya, minuman dingin tidak mempengaruhi menstruasi lantaran makan dan minum berhubungan dengan sistem pencernaan. Sedangkan menstruasi berhubungan dengan sistem reproduksi.

2. Dilarang keramas
Keramas saat menstruasi dipercaya dapat menyebabkan sakit kepala karena saat menstruasi, pori-pori kulit kepala akan terbuka. Lagi-lagi hal ini tidak benar. Sakit kepala saat menstruasi umumnya disebabkan oleh premenstruasi syndrome atau yang dikenal juga dengan PMS.

3. Dilarang minum soda
Makanan dan minuman yang dikonsumsi tidak mempengaruhi menstruasi. Termasuk diantaranya minum soda saat menstruasi yang diyakini para wanita dapat mempercepat menstruasi. Artinya, hal tersebut hanya mitos.

4. Tidur siang saat menstruasi sebabkan darah naik ke kepala
Tidak ada penelitian yang menyebutkan bahwa tidur siang saat menstruasi dapat menyebabkan darah naik ke kepala. Dengan demikian, hal ini hanya mitos dan Anda tetap bisa tidur siang.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak