Benarkah Terapi Urin Berkhasiat Sembuhkan Penyakit?

Sabtu, 16 Maret 2019 - 02:38 WIB
Benarkah Terapi Urin Berkhasiat Sembuhkan Penyakit?
Benarkah Terapi Urin Berkhasiat Sembuhkan Penyakit?
A A A
JAKARTA - Studi kasus yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menyebutkan, terapi urin telah digunakan di masa lalu oleh orang Yunani dan Mesir kuno. Saat ini, terapi urin tengah populer di Asia, Amerika Selatan dan Timur Tengah sebagai terapi ajaib untuk kondisi seperti jerawat atau bahkan kanker. Namun, para ahli skeptis karena terapi tersebut tidak didukung dengan banyak penelitian.

Dilansir dari Fox News, menurut penelitian di atas, minum air seni atau mengoleskannya dapat memiliki efek berbahaya. Ketika dibiarkan di luar tubuh, urin dapat dengan cepat menarik bakteri berbahaya. Dalam studi kasus, seorang anak laki-laki berusia 16 tahun telah mencoba terapi urin topikal untuk jerawat setelah menerima tekanan dari ibunya untuk melakukannya. Cara ini bekerja sebentar dan akhirnya menyebabkan peradangan setelah bocah itu mencoba menggunakan urin yang disimpan.

Dokter mengonfirmasi bahwa kulit anak laki-laki tersebut memiliki jumlah bakteri jauh di atas flora kulit normal. Kemudian dokter meresepkan dengan rejimen pengobatan resep yang menyembuhkan peradangan dalam beberapa bulan. Meskipun sedikit aneh, namun pengobatan alternatif ini tidak biasa. Terapi urin mungkin timbul dari gagasan bahwa urin awalnya steril ketika meninggalkan tubuh. Banyak orang, termasuk dokter, percaya bahwa air seni tidak mengandung bakteri berbahaya pada tahap ini.

Namun, penelitian yang lebih baru pada 41 pasien dengan gangguan kandung kemih yang terlalu aktif telah mengungkapkan sebaliknya. Studi ini dipublikasikan dalam Journal of Microbiology. Peneliti memeriksa sampel urin dari semua pasien ditambah 24 kontrol, menggunakan protokol pengujian yang lebih luas dari biasanya. Setelah pengujian, para peneliti menemukan 85 spesies bakteri yang berbeda, termasuk Streptococcus dan Staphylococcus. Mereka juga menemukan bakteri ada di 80 persen dari sampel, meskipun langkah-langkah pengujian standar menyarankan lebih dari 90 persen adalah spesimen tidak ada pertumbuhan.

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa bakteri ini ada di saluran kemih sehingga penelitian selanjutnya dapat dilakukan pada apakah gangguan kandung kemih yang terlalu aktif terkait dengan bakteri. Namun, penelitian ini dapat diterapkan pada berbagai situasi. Berdasarkan penelitian ini, orang yang minum atau mengoleskan urin ke kulit mereka mungkin akan memasukkan kembali bakteri berbahaya ke dalam tubuh, yang membahayakan kesehatan.

Selain itu, studi kasus jerawat menyebutkan bahwa urin adalah produk limbah yang berarti tubuh untuk menghilangkan. Menggunakan kembali limbah itu bertentangan dengan kesehatan yang baik. Namun, penulis juga menunjukkan bahwa urea buatan digunakan dalam beberapa obat, termasuk obat-obatan dermatologi resep. Bahkan US Army Field Manual menyarankan agar tidak meminum air seni untuk tujuan bertahan hidup. Itu karena urin mengandung racun dan garam berbahaya dalam jumlah terkonsentrasi.

Karena produk limbah ini sangat terkonsentrasi, dapat memberikan tekanan yang tidak semestinya pada hati dan ginjal sehingga kedua organ tersebut harus menyaring kembali racun yang terkonsentrasi keluar dari tubuh. Selain itu, tubuh membutuhkan air tambahan untuk memproses cairan seperti air laut yang memiliki konsentrasi garam lebih tinggi. Sementara, mengkonsumsi urin bisa menyebabkan dehidrasi. Berdasarkan temuan tersebut, terapi urin bukan obat mujarab. Tidak ada cukup informasi untuk membuktikan kemanjurannya.

Namun, sedikit penelitian yang ada menunjukkan bahwa terapi ini berbahaya. Selain itu, ada cara yang jauh lebih menyenangkan untuk menjaga kesehatan daripada meminum air seni atau meletakkannya di kulit Anda.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3963 seconds (0.1#10.140)