alexametrics

Menikmati Eksotisnya Gunung Bromo ketika Erupsi

loading...
Menikmati Eksotisnya Gunung Bromo ketika Erupsi
Para wisatawan tampak sangat sibuk ketika mengisi liburan di Gunung Bromo yang sedang erupsi di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo.
A+ A-
PROBOLINGGO - Kondisi Gunung Bromo di kabupaten yang sedang erupsi menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan yang sedang berkunjung di destinasi wisata ini. Kepulan asap yang tebal dan terkadang berubah warna, dan guyuran abu vulkanik dalam instensitas ringan di lautan pasir menambah sensasi tersendiri mengisi liburan kali ini.

Para wisatawan tampak sangat sibuk ketika mengisi liburan di Gunung Bromo yang sedang erupsi di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Sabtu pagi pekan lalu. Selain menikmati momen matahari terbit, berwisata di Gunung Bromo saat erupsi ada sensasi tersendiri, seperti kepulan asap yang tebal dan terkadang berubah warna dari putih pekat ke kelabu.

Bentuk kepulan asap yang berubah-ubah ini hanya dapat dijumpai di saat gunung tercantik di Jawa Timur ini dalam kondisi erupsi. Bahkan, bila anda ingin menikmati sensasi guyuran abu vulkanik tipis, Anda bisa merasakanya dengan berwisata di kawasan lautan pasir.



"Saya sudah tujuh kali ke sini. Namun, baru sekali menjumpai kondisi seperti ini. Awalnya agak takut, tetapi setelah dicoba... nice and enjoy," komentar Robert, seorang wisatawan mancanegara asal Polandia.

Meski demikian, wisatawan hendaknya selalu waspada terhadap kondisi gunung ini, dan senantiasa membawa masker, tutup kepala dan kacamata. Selain itu, tidak naik ke kawah atau masuk dalam radius satu kilometer dari bibir kawah. Apabila melanggar aturan yang di tetapkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan memasuki zona larangan, dikhawatirkan material vulkanik akan mengancam keselamatan wisatawan.

Saat ini, meski erupsi, wisata Gunung Bromo masih dibuka untuk umum dan indah untuk dikunjungi. Tanpa harus masuk ke zona larangan, wisata Gunung Bromo tetap indah dipandang dari spot seruni poin, puncak mentigen, halaman Hotel Lava View, Hotel Cemara Indah, dan Pananjakan.

Area lautan pasir di Pasir Berbisik dan Bukit Teletubis juga masih bisa dijadikan spot berfoto dan rekreasi. Jika ingin uji adrelanin, dan sensasi guyuran abu vulkanik tipis, wisatawan bisa berlama-lama di area lautan pasir. Penasaran? Yuk, kunjungi Gunung Bromo ketika erupsi.
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak