alexametrics

Kontroversi dan Skandal yang Melibatkan Personel BigBang

loading...
Kontroversi dan Skandal yang Melibatkan Personel BigBang
BigBang adalah salah satu boyband asal Korea Selatan yang tak pernah lepas dari kontroversi dan skandal. Sebelum Seungri, 4 personel lain juga terlibat skandal. (The Kraze)
A+ A-
JAKARTA - Seungri akhirnya menyatakan dirinya mundur dari dunia hiburan dan BigBang setelah terlibat skandal penyerangan dan penyediaan jasa prostitusi di klub Burning Sun. Keluarnya Seungri ini terjadi setelah pria berusia 28 tahun itu menjalani pemeriksaan polisi terkait kasus yang membelitnya tersebut. Ketika menyatakan mundur, Seungri juga mengungkapkan permintaan maafnya.

Kasus yang menimpa Seungri itu adalah satu dari sekian kontroversi dan skandal yang pernah melibatkan anggota BigBang. Bedanya, kasus Seungri ini bisa disebut sebagai skandal terberat yang melibatkan personel BigBang. Skandal dan kontroversi sebelumnya ada juga yang tergolong berat, tapi tidak sampai membuat sang personel harus keluar dari BigBang.

Saat ini, empat personel tersisa BigBang, yaitu G-Dragon (GD), Taeyang, Daesung dan TOP sedang menjalani wajib militer (wamil). Sedianya, Seungri juga akan mengikuti wamil pada bulan ini. Namun, nasib berkata lain. Dikutip dari Korea Portal, berikut kontroversi dan skandal yang pernah melibatkan anggota BigBang sejak mereka debut pada 2006.



1. TOP
Kontroversi dan Skandal yang Melibatkan Personel BigBang

Skandal ganja
Rapper BigBang itu didakwa menggunakan ganja pada 2017 saat sedang mengikuti wamil. Tes narkoba yang dijalani TOP ternyata positif narkoba dan dia menerima vonis 10 bulan penjara dan juga didepak dari militer. Dia kemudian mengungkapkan permintaan maaf secara publik dan memperlihatkan penyesalan atas apa yang telah dia lakukan. Setelah itu, TOP kembali masuk wamil sebagai pekerja layanan publik.

Skandal jaket bendera perang Jepang
Setahun setelah debut BigBang, TOP muncul di sebuah wawancara televisi dengan mengenakan jaket yang dihiasi bendera perang Jepang. Bendera itu dianggap ofensif di banyak negara Asia, termasuk Korea, karena simbol itu dipakai sebagai bendera perang pasukan Jepang kala itu. CEO YG Entertainment Yang Hyun Suk segera mengeluarkan pernyataan terkait kontroversi itu dan meminta maaf karena tidak sensitif atas masalah tersebut.

2. Taeyang

Kontroversi dan Skandal yang Melibatkan Personel BigBang

Kaos bertulisan kata-kata kasarTaeyang adalah personel BigBang yang dianggap paling alim dan jarang terlibat kontroversi. Satu-satunya skandal serius yang membuatnya dikritik adalah ketika dia mengenakan kaus bertuliskan F*** You di bagian belakang ketika dia tampil di I’ll Be There di M! Countdown pada 2010. Taeyang dikritik karena tayangan televisi itu ditonton banyak anak di bawah umur.

3. G-Dragon
Kontroversi dan Skandal yang Melibatkan Personel BigBang

Skandal ganjaG-Dragon (GD) terbukti positif menggunakan ganja pada 2010. Dia kemudian hiatus karena kasus itu. GD kemudian menjelaskan kalau dia ditawari lintingan yang dia kira rokok saat sedang mabuk di sebuah pesta di Jepang. Ini adalah pelanggaran pertamanya dan dia tidak dijatuhi tuntutan.

Skandal plagiarisme
Setelah BigBang merilis single mereka, Lies, pada 2007, netizen mulai menuduh GD memplagiat lagu DJ FreeTempo berjudul Sky High. Lagu itu memberikan titel Song of the Year dari MAMA 2007 untuk GD. YG Entertainment kemudian membela GD dan menghubungi FreeTempo untuk mengklarifikasi masalah itu. FreeTempo kemudian membantah kalau Lies menjiplak Sky High.

Namun, itu bukan satu-satunya tuduhan plagiarisme yang dialamatkan pada GD. Ketika GD merilis album solo pertamanya pada 2009, Heartbreaker, netizen menuduh lagu andalannya, Heartbreaker, terdengar sebagai lagu hit Flo Rida berjudul Right Round. Untuk membantah tuduhan itu, Flo Rida terbang ke Korea dan tampil di konser solo GD. Keduanya tampil di panggung membawakan remix Heartbreaker dan tuduhan itu pun usai.

Kontroversi wajib militer

Terakhir, saat menjalani wajib militer, GD harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami cedera di kakinya. Dia kemudian dikabarkan tidak bisa naik pangkat menjadi Kopral seperti teman-teman seangkatannya karena sering kali mengambil cuti. Kabar menyebut, GD bakal dipecat karena dinilai tidak layak menjadi prajurit. Militer sedang mengkaji hal tersebut.

4. Daesung
Kontroversi dan Skandal yang Melibatkan Personel BigBang

Kecelakaan Mobil Daesung terlibat kecelakaan mobil pada pada 2011 yang menyebabkan satu orang pengendara motor tewas. Daesung dikabarkan menabrak seorang pria pengendara motor yang jatuh di jalan sebelum kecelakaan itu terjadi, dan juga taksi yang sedang parkir di dekat orang tersebut. Daesung mengklaim kalau dia tidak melihat orang itu dan hanya melihatnya ketika dia menghentikan mobil untuk memeriksa sopir taksi. Dia tidak menghadapi tuntutan dalam kasus ini, tapi dia hiatus selama satu tahun untuk introspeksi.

5. Seungri

Kontroversi dan Skandal yang Melibatkan Personel BigBang

Skandal seksPada 2012, seorang wanita Jepang mengungkapkan, kebiasaan aneh Seungri saat berhubungan seks dengan sejumlah bukti atas dugaan one night stand bersama Seungri. Wanita itu merilis sejumlah foto Seungri yang terbaring dalam kondisi setengah telanjang di atas ranjang. Lima hari kemudian, Seungri terlibat gosip pacaran dengan model Anna Kubo setelah keduanya terlihat berciuman. YG Entertainment membantah semua tuduhan itu dan mengatakan Seungri dan Anna hanya teman dekat dan baru selesai syuting sebuah drama Jepang.

Skandal Burning Sun
Seungri dituding terlibat sejumlah kontroversi dihadapi Burning Sun. klub di Gangnam itu diperiksa terkait kecurigaan atas penyerangan seksual, perdagangan narkoba, kekerasan dan korupsi yang melibatkan pemilik klub dan polisi. Seungri juga dituding menyediakan layanan seks kepada para investor asing. Skandal ini kemudian membesar dan melibatkan selebritas lain di Korea. Dari hasil pemeriksaan, Seungri terlibat dalam sebuah chat room di Kakao Talk di mana salah satu anggotanya, selebritas Jung Joon Young membagikan video seks yang dia rekam secara diam-diam. Akibat skandal ini, Seungri memilih mundur dari BigBang dan dunia hiburan. YG Entertainment telah mengonfirmasi kalau mereka mengakhiri kontrak eksklusif Seungri.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak