Pandemi Covid-19, PDSKJI Berbagi Tips Menjaga Kesehatan Jiwa

Jum'at, 01 Mei 2020 - 14:49 WIB
loading...
Pandemi Covid-19, PDSKJI Berbagi Tips Menjaga Kesehatan Jiwa
Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Jiwa Indonesia (PDSKJI) berbagi tips bagaimana cara menjaga kesehatan jiwa ditengah pandemi Covid-19. Foto/Instagram
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung di tengah masyarakat Indonesia. Tidak dipungkiri telah menimbulkan kekhawatiran dan kecemasan bagi masyarakat dan jika hal ini dibiarkan menyebabkan gangguan kesehatan jiwa. Dalam penanganan Covid-19, Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) berbagi tips bagaimana cara menjaga kesehatan jiwa di tengah pandemi Covid-19.

Pengurus Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia, Dr. Lahargo Kembaren, Sp.Kj mengatakan yang perlu dilakukan pertama adalah membatasi informasi yang berlebihan. "Informasi yang peroleh berlebih yang belum diketahui kebenaran. Bisa menimbulkan kecemasan dan kekhawatiran yang dialami bisa diakibatkan karena terlalu berlebihan melihat menonton atau membaca informasi yang didapatkan. Ada baiknya kita menjaga jarak dengan informasi yang masuk akan baik untuk kesehatan jiwa," jelasnya. (Baca juga : Pengusaha Banyak PHK Karyawan dengan Dalih Dampak Covid-19 )

Selanjutnya, adalah memilah informasi yang didapatkan. "Selalulah mendapat informasi dari sumber yang terpercaya dan melakukan pencegahan dan penanganan yang sesuai diajurkan. Jika mendapatkan informasi yang tidak tepat akan menimbulkan kecemasan, khawatir dan menimbulkan masalah kesehatan jiwa," jelas Dokter Lahargo.

Selain itu, lanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengatasi perasaan yang tidak nyaman dengan hal positif. "Karena itu jauhkan rokok, narkoba dan minuman keras, karena tidak nyaman. Kalau kita merasakan perasaan tidak nyaman, jika atau stres segeralah berkonsultasi kepada profesional kesehatan jiwa, misal dokter ahli jiwa, psikolog, perawat jiwa, dan konseler akan membantu kita mendapatkan pertolong," ujarnya dalam Konferensi Pers, di Gedung BNPB, Jakarta, Jumat (1/5/2020).

Kemudian, Dr. Lahargo mengatakan yang tak kalah pentingnya adalah mengontrol emosi yang kita rasakan dengan ketrampilan melakukan relaksasi dengan menarik nafas dalam.

Perhimpunan Dokter Spesialis Jiwa Indonesia telah menyiapkan swaperiksa online bisa diakses di website http://www.pdskji.org/home. Dengan mudah masyarakat dapat memeriksa kesehatan jiwa, jika merasakan kekhawatiran, kecemasan ataupun stres.

Ditengah pandemi covid-19, Dr. Lahargo mengingatkan perlunya memperhatikan kesehatan jiwa anak dan remaja. "Selalu hadir dengan kesungguhan hati untuk anak-anak informasi yang tepat perlu disampaikan kepada mereka. Jika ada perubahan kejiwaan anak jangan ragu-ragu berkonsultasi," pungkasnya.
(nfl)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2078 seconds (0.1#10.140)