Viral! Momen Warga Pulau Derawan Beri Makan Penyu Langsung di Belakang Rumah, Netizen Iri

Minggu, 02 Juni 2024 - 14:57 WIB
loading...
Viral! Momen Warga Pulau Derawan Beri Makan Penyu Langsung di Belakang Rumah, Netizen Iri
Viral di media sosial seorang warga sedang memberi makan penyu yang berukuran cukup besar. Uniknya, hal tersebut dilakukan di belakang rumah sendiri, bukan di penampungan ataupun penangkaran penyu. Foto/Instagram @nature.wanderer.id
A A A
JAKARTA - Viral di media sosial seorang warga sedang memberi makan penyu yang berukuran cukup besar. Uniknya, hal tersebut dilakukan di belakang rumah sendiri, bukan di penampungan ataupun penangkaran penyu.

Video yang ramai dibicarakan warganet itu diunggah oleh akun Instagram @nature.wanderer.id. Diketahui, momen tersebut terjadi di Pulau Derawan, Berau, Kalimantan Timur.

“Keindahan pulau derawan jika halnya kebanyakan masyarakat di belakang rumah memberi makan ayam, maka masyarakat di pulau derawan ini di belakang rumah mereka justru memberi makan penyu ni sob sungguh moment dan hal yang luar biasa ni sob,” demikian bunyi keterangan unggahan tersebut, dikutip Minggu (2/6/2024).



Pulau Derawan sendiri letaknya ada di Kepulauan Derawan yang memiliki tiga pulau lain yang terkenal yakni Maratua, Sangalaki, dan Kakaban. Pulau ini merupakan habitat satwa langka seperti penyu hijau dan penyu sisik.

Di Kepulauan Derawan terdapat beberapa ekosistem pesisir dan pulau kecil yang sangat penting, yaitu terumbu karang, padang lamun, dan hutan bakau. Selain itu, banyak spesies yang dilindungi seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kima, ketam kelapa, duyung (dugong), ikan barakuda, dan beberapa spesies lain.

Selain pesona laut dan keindahan alamnya, Kepulauan Derawan juga menawarkan makanan khas yang patut dicoba. Salah satu makanan khas adalah Kima-Kima, yakni kerang laut yang dikeringkan dan diberi bumbu pedas.

Selanjutnya ada Kulabutan yang berupa cumi-cumi berukuran besar yang dikeringkan. Biasanya kita bisa menemukan makanan ini di rumah makan lokal, namun ada juga yang menjual versi mentahnya sebelum diolah.

Untuk menuju Kepulauan Derawan, pengunjung bisa menempuh jalur udara dengan penerbangan dari Jakarta menuju Balikpapan. Setelah itu, penerbangan dilanjutkan ke Kabupaten Berau, lalu ke Pelabuhan Tanjung Batu dengan menggunakan speed boat dan melanjutkan ke Pulau Derawan melalui jalur laut sekitar 30-45 menit.
Viral! Momen Warga Pulau Derawan Beri Makan Penyu Langsung di Belakang Rumah, Netizen Iri

Instagram @nature.wanderer.id



Melihat pesona keindahan Pulau Derawan, membuat warganet kagum dan sangat ingin berkunjung ke sana. Bahkan, sebagian besar netizen iri dengan apa yang dilakukan warga tersebut dalam memberi makan penyu.

“Mewah bener ya perumahannya. Air lautnya jernih,” komentar @widja***.

“Masyaallah jernih sekali air lautnya. Cantik sekali ada penyu. Kita di belakang rumah adalah belakangnya rumah orang lain,” kata @lisy***.

“Ga bisa alu liat beginian, iri banget iri banget,” ujar @riska***.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1145 seconds (0.1#10.140)
pixels