Losion Bisa Jadi Solusi yang Lebih Aman bagi Pernapasan Bayi

Sabtu, 23 Maret 2019 - 04:52 WIB
Losion Bisa Jadi Solusi yang Lebih Aman bagi Pernapasan Bayi
Losion Bisa Jadi Solusi yang Lebih Aman bagi Pernapasan Bayi
A A A
JAKARTA - Dalam perawatan bayi sehari-hari, bedak tabur bayi menjadi salah satu produk yang paling sering digunakan. Tidak hanya membuat kulit bayi tetap kering, tetapi juga membuatnya halus dan wangi.

Hal tersebut juga terefleksi dari penelitian Godrej Indonesia pada produk bayi, yang diketahui bahwa 92 persen ibu di Indonesia masih menggunakan bedak tabur bayi secara rutin setelah memandikan sang buah hati atau ketika mengganti popok.

Namun di sisi lain, sebagian ibu telah sadar akan adanya risiko gangguan pernapasan terkait penggunaan bedak tabur pada bayi. Hal ini juga didukung oleh studi yang dilakukan American Pediatric Association (APA) pada 2017. Studi ini merekomendasikan agar tidak menggunakan bedak tabur karena partikel bahan mineralnya (talc) yang dapat membahayakan sistem pernapasan bayi.

"Penggunaan bedak tabur memiliki risiko terhadap sistem pernapasan bayi. Partikel bedak tabur yang terbawa di udara dapat dengan mudah dihirup oleh bayi, sehingga bisa mempengaruhi akses pernapasan dan kesehatan. Menghirup partikel bedak tabur secara berulang dapat menyebabkan luka pada paru-paru yang berakibat sesak napas dan batuk kronis," jelas dokter anak dari Rumah Sakit Brawijaya, dr Attila Dewanti Sp.A(K) di Jakarta, baru-baru ini.

"Bedak bayi dalam bentuk losion bisa menjadi solusi yang lebih aman bagi pernapasan bayi serta dapat merawat kulit bayi tetap sehat," lanjutnya.

Menyadari permasalahan tersebut, Godrej Indonesia pun melakukan inovasi melalui Mitu Baby Liquid Powder, bedak cair dalam bentuk losion yang diklaim lebih aman untuk bayi. Produk ini disebut-sebut tidak menimbulkan risiko gangguan pernapasan pada bayi karena teksturnya yang tidak mengandung partikel bedak tabur sehingga mampu menjadi solusi yang lebih aman untuk bayi. Produk ini juga mengandung acti natura untuk menjaga kulit bayi tetap sehat.

Berdasarkan hasil uji di rumah oleh Home Tester Club (Lembaga Survei Independen) terhadap 519 anggota pada Maret 2019, sembilan dari 10 ibu setuju bahwa Mitu Baby Liquid Powder lebih aman untuk pernapasan bayi dibandingkan dengan menggunakan bedak tabur.

"Mitu Baby Liquid Powder adalah inovasi terbaru dari Mitu Baby yang dikembangkan langsung oleh pusat Riset & Pengembangan kami di Indonesia. Produk ini merupakan wujud komitmen kami untuk menjadi mitra para Ibu dalam memberikan yang terbaik bagi bayi mereka," jelas Akhil Chandra, Presiden Direktur Godrej Indonesia.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5618 seconds (0.1#10.140)