alexametrics

Minum Banyak Air Bisa Menurunkan Berat Badan?

loading...
Minum Banyak Air Bisa Menurunkan Berat Badan?
Tubuh membutuhkan minimal 6 hingga 8 gelas air atau 2 liter setiap hari karena banyak fungsi vital yang membutuhkan air. Tetapi itu tergantung berat tubuh. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Air membuat semua proses tubuh berfungsi dengan baik. Namun, berapa banyak air yang dibutuhkan tubuh setiap harinya?

Tubuh membutuhkan minimal 6 hingga 8 gelas air atau 2 liter setiap hari karena banyak fungsi vital yang membutuhkan air. Tetapi itu juga tergantung pada berat dan ukuran Anda, bersama dengan tingkat aktivitas.

Rata-rata, tubuh membutuhkan setengah hingga satu ons air untuk setiap pon berat tubuh, Jadi, jika saat menimbang 68 kilogram, maka dibutuhkan 3 liter air setiap hari. Jika berolahraga setiap hari dan hidup di daerah yang hangat, Anda akan membutuhkan lebih banyak air.



Tetapi apakah minum banyak air membantu menurunkan berat badan? Sebuah penelitian yang dilakukan mengklaim bahwa minum 2 liter air setiap hari membantu orang kehilangan 96 kalori setiap hari. (Baca juga: Sejarah Praktik Ilmu Pengobatan di Bidang Kedokteran).

Beberapa penelitian membuktikan bahwa minum air dingin akan membuat tubuh mengeluarkan lebih banyak kalori untuk menstabilkan suhu tubuh. Terlebih, minum air putih 30 menit sebelum makan dapat membantu mengurangi kalori yang akan dikonsumsi.

Seperti dilansir Times Of India, minum air juga mempengaruhi kesehatan. Sebut saja kesehatan jantung dan banyak lagi. Berikut ulasannya.
Pencernaan
Air liur yang memainkan peran penting dalam memecah makanan menjadi nutrisi bagi tubuh, memiliki air sebagai dasarnya. Air juga membantu pencernaan serat larut. (Baca juga: Gaya Hidup Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak).

Kesehatan jantung
Ketika minum air, itu mencegah darah menebal, dimana pada kasus yang lebih buruk dapat menyebabkan serangan jantung, peningkatan tekanan darah dan lainnya. Seseorang perlu memiliki air yang cukup di siang hari untuk menjaga fungsi jantung tetap sehat.

Diabetes

Orang yang menderita diabetes harus sangat memperhatikan asupan air mereka. Dehidrasi pada penderita diabetes dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan penurunan tekanan darah. Gula darah tinggi membuat tubuh kehilangan air lebih cepat yang membuatnya menjadi lebih penting bagi mereka untuk minum air putih.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak