Tilik Viral, Sutradara sejak Awal Yakin Bu Tejo Akan Buat Penonton Gemas

Kamis, 20 Agustus 2020 - 16:00 WIB
loading...
Tilik Viral, Sutradara sejak Awal Yakin Bu Tejo Akan Buat Penonton Gemas
Adegan dalam film Tilik. Foto/YouTube Ravacana Films
A A A
JAKARTA - Film pendek berjudul "Tilik" produksi Ravacana Films tengah viral . Sejak diunggah di channel YouTube Ravacana pada Senin (17/8) hingga Kamis (20/8) petang, film berdurasi 32 menit itu telah ditonton hampir 1,4 juta kali. Sementara di Twitter , frasa "Bu Tejo" yang merupakan tokoh sentral "Tilik" menjadi trending .

Karakter Bu Tejo yang diperankan oleh Siti Fauziah dianggap warganet sangat nyata ada di tengah masyarakat Indonesia. Nyablak dan suka bergosip, bikin gemas orang yang mendengarnya. ( )

Sutradara "Tilik" Wahyu Agung Prasetyo dalam wawancara dengan majalah Vice kemarin (19/8) mengatakan, Siti Fauziah yang dipanggil Mbak Ozie, aslinya memang sudah cerewet dan nyablak. Bahkan, kata dia, Mbak Ozie sudah memiliki 50% karakter Bu Tejo. Maka itu, Agung berani memprediksi kalau karakter Bu Tejo bakal sukses membetot perhatian penonton, walau tak menduga bakal viral seperti sekarang.

"Orang aslinya ini basic-nya sudah ngeselin, seolah karakter Bu Tejo sudah mengakar di dia. Mbak Ozie aslinya secerewet dan senyablak itu juga. Aku pertama kali menonton rough cut-nya ketawa-ketawa dan gemas sendiri sama Bu Tejo. Makanya, aku sudah yakin kalau karakter Bu Tejo akan sangat amat menggemaskan penonton. Penonton akan terbawa emosi nih," beber Agung.

Apa yang diprediksi Agung dan kru film lain terbukti dengan banyaknya pujian sekaligus nyinyiran yang dialamatkan kepada Siti Fauziah. Warganet yang gemas dengan karakter Bu Tejo, sampai ada yang mengunggah foto Siti Fauziah bersama keluarganya tanpa izin lantaran warganet penasaran dengan sosok asli Bu Tejo itu.



"Kami banyak dapat DM (direct message) dan mention netizen yang minta akun Bu Tejo. Kami nggak respon sama sekali karena takut ada hal-hal yang tidak mengenakkan," ujar Agung.

Melalui laman Twitternya pada Rabu (19/8), Agung juga menulis cuitan berisi pesan kepada warganet agar tak terbawa emosi melihat perangai Bu Tejo di film.

"Teman-teman yang baik. Film Tilik tentu saja hanya sebuah cerita fiksi yg tentunya hanya rekayasa di film. Jd jgn berlebihan mengekspos bu tejo sampe ke kehidupan nyatanya ya. Apalagi mengumbar keluarga aslinya. Gemes boleh, goblok jgn. Semoga semua memahami. Terimakasih," cuit Agung. ( )

Film "Tilik" yang diproduksi Ravacana Films bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta berkisah tentang kembang desa bernama Dian. Warga desa bergunjing soal status lajang Dian. Saat dalam perjalanan naik truk untuk menjenguk (tilik) Bu Lurah di rumah sakit, beberapa warga berdebat tentang siapa yang bakal mempersunting Dian. Perjalanan “tilik” menjadi penuh gosip dan petualangan bagi para warga desa yang naik truk tersebut.

Film ini diproduksi pada 2018, namun baru diunggah di YouTube pada 17 Agustus lalu. Seluruh pemerannya merupakan aktor dan aktris amatir.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8003 seconds (0.1#10.140)